37 Tahun Satpam di Indonesia, Kapolda: Kehadirannya Membantu Polisi

Rois Jajeli - detikNews
Rabu, 10 Jan 2018 17:59 WIB
Foto: Istimewa
Surabaya - Kapolda Jawa Timur menilai kehadiran satuan pengamanan (satpam) yang sudah 37 tahun sejak didirikan oleh Kapolri di era Jenderal Polisi (Purn) Dr Awaludin Jamin, memiliki manfaat banyak. Terutama membantu tugas-tugas di kepolisian.

"Kehadiran satpam sangat penting. Karena di kesatuan kepolisian, belum semuanya (personel) terpenuhi," kata Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin di sela Upacara Peringatan HUT ke 37 Satpam di lapangan Mapolda Jatim, Jalan A Yani,Rabu (10/1/2018).

Irjen Pol Machfud Arifin menerangkan, ada kesatuan di kepolisian yang menurut idealnya membutuhkan personel sekitar 60 persen. Namun, kenyataannya masih ada kesatuan yang kurang dari 60 persen.

"Dengan hadirnya satpam, sangat membantu tugas-tugas kepolisian. Seperti di lingkungan masyarakat, perumahan, perusahaan-perusahaan, pabrik, di kantor perbankan.

"Polisi boleh di kantor perbankan, kalau memang diminta untuk pengawalan," terangnya.

Ia mencontohkan, jika ada kejadian, satpam tidak boleh melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Satpam hanya boleh mengamankan TKP. Tidak boleh melakukan olah TKP. Satpam hanya membantu tugas-tugas pengaman awal di TKP," terangnya.

Kapolda arek Suroboyo ini berharap, di usianya ke 37 tahun ini diharapkan satpam ke depan semakin profesional. "Semoga satpam semakin solid, profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya membantu kepolisian," jelasnya. (roi/fat)