DetikNews
Selasa 09 Januari 2018, 15:41 WIB

Berpura-pura Salat, Warga Jember Ini Embat Motor Jamaah

Yakub Mulyono - detikNews
Berpura-pura Salat, Warga Jember Ini Embat Motor Jamaah Foto: Yakub Mulyono
Jember - Berpura-pura jamaah salat di Masjid Baitus Salam, seorang pria malah embat motor. Aksi pelaku, Fathor Rohman alias Pak Fadli (24) warga Kecamatan Mumbulsari, Jember, ini akhirnya dilaporkan ke polisi.

"Pencuriannya Jumat lalu, ditangkap kemarin. Pencurian terjadi saat korban sedang melakukan ibadah salat Jumat," kata Kapolsek Mumbulsari AKP Heri Supadmo di kantornya, Selasa (9/1/2018).

Menurut Heri, motor yang dicuri itu milik Dahlan, warga Dusun Mandigu, Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari. Saat itu Dahlan datang ke masjid mengendarai motor. Sesampainya di lokasi, Dahlan memarkir motor Honda BeAT itu di halaman masjid. Tampaknya motor Dahlan ini menjadi incaran Fathor.

"Modus pelaku dengan cara masuk ke dalam masjid dengan pura-pura ikut salat Jumat berjamaah. Saat itu pelaku membawa kunci kontak sepeda motor palsu yang mirip dan bertuliskan Honda. Kemudian pelaku ikut salat Jumat dengan bersarung dan menggunakan kopiah," jelas Heri.

Saat korban melakukan salat berjamaah, kontak sepeda motor miliknya ditaruh di samping. Saat itulah pelaku mengambil kontak milik korban dan mengganti dengan kunci kontak yang dia bawa.

"Pelaku juga sempat menggandengkan kembali gantungan kunci milik korban ke kontak yang dia bawa, lalu ditaruh di samping korban. Selanjutnya pelaku langsung ke luàr dari masjid. Langsung saja pelaku mengambil sepeda motor itu dan dibawanya kabur," terang Heri.

Korban sendiri seusai salat tidak menaruh curiga karena dia melihat kontak motor masih ada di sampingnya. Padahal, kontak itu sudah ditukar oleh pelaku. Korban lalu mengambil kunci kontak tersebut dan hendak pulang. Saat hendak mengambil sepeda motor miliknya, ternyata sudah tidak ada.

"Kemudian korban langsung bertanya dan mencari bersama warga sekitar, namun tidak ditemukan," tutur Heri.

Atas kejadian itu, korban langsung melapor ke Polsek Mumbulsari. "Setelah dilakukan penyidikan, kita temukan sepeda motor korban berada di rumah pelaku. Kemudian anggota kami langsung melakukan penangkapan kepada pelaku, dan juga mengamankan barang bukti sepeda motor ke Mapolsek Mumbulsari," ungkap Heri.

Dia menambahkan, pelaku terancam dengan hukuman penjara 5 tahun. "Pelaku akan kami jerat dengan pasal 363 ayat (1) ke 3e Sub Pasal 362 KUHP. Dengan hukuman penjara 5 tahun," pungkas Heri.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed