DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 17:07 WIB

Puluhan Bangli di Wonokromo Ditertibkan

Zaenal Effendi - detikNews
Puluhan Bangli di Wonokromo Ditertibkan Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - 28 Bangunan liar (Bangli) yang berdiri di atas saluran air di wilayah Kecamatan Wonokromo, ditertibkan. Beberapa bangli yang ditertibkan merupakan bangunan permanen yang difungsikan sebagai gudang dan ada pula yang berfungsi sebagai kamar mandi.

Menurut Camat Wonokromo Tommy, penertiban bangli dilakukan di dua lokasi berbeda. Yakni, Bendul Merisi dan Gembili Raya.

"Kalau di Bendul Merisi yang ditertibkan adalah 14 lapak pedagang kaki lima yang berjualan di atas saluran. Dan penertiban kita lakukan sebelum Tahun Baru karena memindahkan barang-barang sebelum ditertibkan," kata Tommy kepada detikcom, Rabu (3/1/2017).

Penertiban bangli di kawasan Wonokromo/Penertiban bangli di kawasan Wonokromo/ Foto: Zaenal Effendi


Untuk penertiban di Jalan Gembili Raya, ada 12 bangunan permanen dan semi permanen di atas saluran air.

Sementara Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawti mengatakan penertiban di dua lokasi itu dilakukan untuk menormalisasi saluran.

"Pasca beberapa waktu lalu kawasan sekitar banjir, setelah ditelusuri ada beberapa saluran air tertutup dan beralih fungsi. Penertiban ini juga dilakukan untuk melebarkan dan menormalisasi saluran untuk mengatasi debit air saat hujan," kata Erna saat dikonfirmasi terpisah.
(ze/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed