DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 16:35 WIB

Rampungnya Pasar Setono Betek Kediri Masih Sisakan Persoalan

Andhika Dwi Saputra - detikNews
Rampungnya Pasar Setono Betek Kediri Masih Sisakan Persoalan Pasar Setono Betek Kota Kediri (Foto: istimewa)
Kediri - Bangunan baru Pasar Setono Betek Kota Kediri telah selesai dibangun dan direnovasi. Selanjutnya calon penghuni kios akan segera menempati kios pasar. Walikota Kediri berharap pihak DPRD dan pegawai pemkot tidak memiliki kios di pasar tersebut.

Hal itu menyusul polemik penempatan pedagang Pasar Setono Betek setelah pasar tersebut direvitalisasi. Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar meminta agar pemilik kepentingan bisa duduk bersama menyelesaikan persoalan tersebut, sebab pada dasarnya pembangunan pasar merupakan salah satu perhatian pemerintah terhadap masyarakat .

Abdullah meminta solusi dari para pemilik kepentingan dengan duduk bersama menyelesaikan. Karena pemrintah telah memberikan fasilitas dengan membangun pasar tersebut yang sebelumnya kondisi pasar tersebut sangat tidak representatif.

"Tidak semuanya bisa berjualan di bagian bawah, terus yang atas tidak usah diisi. Saya bisa tunjuk masyarakat untuk jualan di atas. itu juga bisa jika saya mau. Tapi prinsipnya begini saya sudah bangunkan, saya berharap solusinya datang dari yang berkepentingan," kata Abdullah saat ditemui di kantor Pemkot Kediri, Rabu, (03/01//2018).

Kendati Abdullah menyerahkan solusi pada pemilik kepentingan, namun dia memberikan syarat agar persoalan tersebut terlepas dari kepentingan politik baik dari pihak eksekutif maupun legislatif. Sebab pembangunan pasar memang diprioritaskan untuk masyarakat Kota kediri

"Silakan dipecahkan seluruh yang berkepentingan untuk duduk bersama untuk dicarikan solusi. Saya minta satu syarat, tidak boleh ada kepentingan politik, baik kepentingan politik wali kota maupun DPRD. Tidak boleh wali kota punya kios di situ, tidak boleh DPRD punya kios disitu, utamakan masyarakat dulu, satu orang satu kios " tegas Abdullah.

Sebelumnya, aksi protes dilakukan pedagang konveksi Pasar Setono Betek terkait pembagian stan pasar oleh pedagang lama. Mereka mengeluh karena takut barang jualanya tidak laku jika nanti ditempatkan pada lantai dua.

Diketahui Pasar Setono Betek pada 2017 disulap menjadi bangunan dua lantai degan luas 40x80 meter persegi. Rencana pemerintah, pasar dibangun empat blok dengan dua lantai. Namun untuk tahun 2017 yang akan dibangun hanya Blok A terlebih dahulu. Dan diharapkan Pasar Setono Betek setelah dilakukan renovasi dapat menjadi andalan bagi Kota Kediri

Pembangunan Pasar Setono Betek dilakukan kontraktor pelaksana PT Ayem Mulya Indah, PT Kediri Putra, dan PT Bangun Persada Prima Surabaya dengan anggaran APBD Kota kediri Rp 45 miliar.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed