DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 15:10 WIB

337 RHU dan 847 Bangli di Surabaya Ditertibkan Selama 2017

Zaenal Effendi - detikNews
337 RHU dan 847 Bangli di Surabaya Ditertibkan Selama 2017 Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - Selama 2017, sebanyak 337 rumah hiburan malam/umum (RHU) ditertibkan, di antaranya ditutup. Selain itu ada 847 bangunan liar (bangli) juga ditertibkan.

"Penertiban RHU itu dilakukan atas temuan saat patroli rutin. Ada bantib dari dinas terkait (Disbudpar) serta laporan masyarakat yang kita tindak lanjuti," kata Kabid Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum) Satpol PP Kota Surabaya, Bagus Supriyadi kepada detikcom, Rabu (3/1/2018).

Menurutnya, penertiban dilakukan bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Polrestabes Surabaya dan Gartap III Surabaya.

Pelanggaran paling banyak yang ditemukan, jelas dia, saat penertiban RHU di antaranya tindakan asusila, penjualan minuman keras tanpa izin serta tidak berizin.

"Ada izinnya tapi kita tertibkan, karena melanggar. Seperti pijat tradisional yang dalam prakteknya melakukan asusila. Ada juga rumah karaoke yang menyedikan minuman beralkohol tapi tidak mempunyai izin," ungkap Bagus.

Untuk bangli, tambah Bagus, sebanyak 847 yang ditertibkan. Paling banyak karena berada di atas saluran air. "Kalau bangli paling banyak kita tertibkan atas dasar bantib dari Dinas PU Bina Marga dan Pematusan. Rata-rata bangli berdiri di atas saluran air, bahkan beberapa berupa bangunan permanen dan menjadi kamar kos," tambah dia.
(ze/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed