DetikNews
Jumat 29 Desember 2017, 12:37 WIB

Hati-hati, Ada 5 Titik Longsor di Jalur Menuju Wisata Sarangan

Sugeng Harianto - detikNews
Hati-hati, Ada 5 Titik Longsor di Jalur Menuju Wisata Sarangan BPBD Magetan (Foto: Sugeng Harianto)
Magetan - Bagi yang akan berwisata menghabiskan liburan tahun baru ke Magetan, diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan. Jalan menuju lokasi wisata telaga Sarangan mengalami longsor.

BPBD Kabupaten Magetan menemukan lima titik longsoran. Titik longsor tersebut berada di sepanjang jalan penghubung Jawa Timur ke Jawa Tengah yang terkenal dengan sebutan Jalan Tembus.

"Ada temuan lima titik longsoran menuju ke Telaga Sarangan, sepanjang jalan tembus Jatim ke Jateng. Kami mengimbau untuk waspada bagi yang ingin berlibur ke Magetan," kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan Fery Yoga Saputra kepada detikcom di kantornya, Jum,at (29/12/2017).

Fery mengatakan, lima titik longsor di jalan tembus Magetan Jatim tersebut berada di Karanganyar Jateng yakni di jalur Mojosemi, kemudian jalan belokan kebun strawberry, juga di Singolangu jalan ke arah Tawangmangu. Longsoran tersebut sangat berbahaya bagi pengendara yang melintas. Sebaiknya pengendara tidak berhenti di jalur-jalur tersebut.

"Lima titik longsor itu bahaya semua rawan longsor susulan karena ada retakan meski kecil. Untuk pengguna jalan kami imbau untuk tidak berhenti di jalan tersebut," tegas Fery.

Fery menambahkan, sebelumnya ada temuan longsoran tebing setinggi 6 meter di jalan menuju wisata air terjun Wonomulyo. Longsoran tebing di jalan Desa Genilangit, Dukuh wonomulyo, Kecamatan Poncol itu merusak saluran air sepanjang 30 meter.

Selain longsor, yang harus di waspadai pengguna jalan adalah pohon tumbang. Beberapa pohon tumbang juga sering terjadi di jalur tersebut.

Saat ini kata Fery, telah dilakukan upaya agar longsoran tidak merambat ke lokasi sekitar. Upaya itu adalah menutupinya dengan terpal. Serta peemberian rambu peringatan waspada longsor di setiap titik longsor oleh Tim BPBD Kabupaten Magetan.

"Kami sudah berikan rambu peringatan bahaya longsor di titik-titik tersebut," pungkas Fery.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed