Tersipu Malu Hasil Urine Warna Hijau, Begini Reaksi Sopir Truk

Erliana Riady - detikNews
Jumat, 29 Des 2017 12:05 WIB
Subarlan, sopir truk yang terjaring razia/Foto: Enggran Eko Budianto
Blitar - Subarlan (57) keluar dari kamar mandi Terminal Patri Kota Blitar sambil tersipu. Cup urine yang dibawa warga Pasuruan menuju meja petugas Badan Narkotika Kota (BNK) Blitar, dilihat banyak orang.

Semua yang melihat warna urine Subarlan tertawa. Tak seperti urine pada umumnya warna orange atau cenderung kekuningan, warna urine Subarlan justru berwarna hijau. Masyarakat mengenal urine berwarna hijau dikenal usai minum obat kuat.

"Hei, ini pipis apa fanta," tanya petugas satpol PP yang menjaga di depan pintu kamar mandi sambil tersenyum, Jumat (29/12/2017).

[Gambas:Video 20detik]


Setiap pintu kamar mandi memang dijaga petugas satpol PP. Agar bisa dicegah upaya penipuan dari para sopir yang mengganti air urine dengan cairan lainnya.

Tawapun makin pecah, saat Subarlan makin dekat meja petugas BNK Blitar. "Habis minum apa pak, kok warnanya hijau," tanya petugas wanita.

Wajah Subarlan memerah dan sikapnya tampak malu-malu. Subarlan berkilah telah meminum jamu sehat.

Urine Subarlan warga hijau/Urine Subarlan warga hijau/ Foto: Erliana Riady


"Semalam habis minum jamu sehat mbak biar kuat. Soalnya saya harus mengantar barang sampai wilayah Jawa Tengah besok ini," kilahnya sambil mengangkat lengan.

Mendengar jawaban Subarlan, petugas BNK menyarankan agar tidak minum jamu lagi. Menurut mereka, jamu herbal seperti kunyit asam yang lebih aman dikonsumsi.

"Selama ini kami tidak pernah menemukan urine berwarna hijau seperti ini. Ya baru kali ini saja. Mungkin karena herbal dari dedaunan, jadi berwarna hijau urinenya," kata seorang petugas BNK Blitar yang tak mau disebutkan namanya.

Subarlan sebagai sopir truk barang dicegat petugas Dishub di depan Terminal Patria Kota Blitar.

"Kami memang arahkan semua sopir bus dan truk barang untuk masuk Terminal Patria. Agar tidak satupun sopir itu bisa menghindari tes ini. Supaya pemakai jalan dan penumpang terjamin keamanan dan kenyamanan selama perjalanan jelang tahun baru ini," kata Kadishub Pemkot Blitar, Priyo Suhartono. (fat/fat)