Bupati Anas Gowes Bareng Kapolres dan Dandim, Ini Tujuannya

Ardian Fanani - detikNews
Kamis, 28 Des 2017 14:11 WIB
Bupati, Kapolres, dan Dandim Banyuwangi gowes bersama pantau obyek wisata untuk tahun baru (Foto: Ardian Fanani)
Banyuwangi - Pergantian malam tahun baru, tingkat kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi Banyuwangi diprediksi akan meningkat. Apalagi Banyuwangi telah mempersiapkan berbagai agenda di malam tahun baru.

Untuk memantau kesiapan, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, bersama Kapolres AKBP Donny Adityawarman, dan Dandim 0825 Banyuwangi Letkol (Inf) Ruli Nuryanto, beserta jajaran tiga instansi tersebut, bersepeda bareng ke sejumlah destinasi wisata.

Tiga pimpinan di Banyuwangi itu bersepeda dengan start dari kantor Pemkab Banyuwangi hingga finish di Pantai Cacalan. "Kami memantau kesiapan Banyuwangi menyambut pergantian tahun, termasuk kesiapan destinasi wisata yang akan menjadi jujugan wisatawan dan warga," kata Anas kepada wartawan, Kamis (28/12/2017).

Anas mengatakan, Pemkab bersama kepolisian dan TNI bersinergi untuk mengamankan pergantian tahun. Menurut Anas, destinasi wisata di Banyuwangi terus dibenahi untuk menyambut tahun baru.

"Seperti di Pantai Cacalan yang saat ini kondisinya lebih bagus dari sebelumnya. Banyak fasilitas yang ditambah. Demikian juga dengan destinasi lainnya," kata Anas.

Enam lokasi di Banyuwangi disiapkan menyambut datangnya tahun baru yakni Taman Blambangan, Pantai Bangsring Underwater, Pantai Boom Marina, Pantai Cacalan, Pantai Grand Watudodol, dan Pantai Mustika.

Bupati, Kapolres, dan Dandim Banyuwangi gowes bersama pantau obyek wisata untuk tahun baruBupati, Kapolres, dan Dandim Banyuwangi gowes bersama pantau obyek wisata untuk tahun baru (Foto: Ardian Fanani)

Selain berkoordinasi dengan aparat untuk keamanan selama musim liburan ini, pihaknya telah menginstruksikan petugas kebersihan untuk menjaga kebersihan lokasi.

"Akan ada tenaga kebersihan ekstra khusus akhir tahun nanti, biar pengunjung lebih nyaman. Meski ditambah petugas, namun kami mengimbau wisatawan untuk turut menjaga kebersihan lingkungan pantai," ujar Anas.

"Kami juga akan dirikan tenda-tenda BNPB di destinasi wisata untuk menambah kenyamanan. Tenda-tenda itu juga bisa digunakan sebagai tempat istirahat wisatawan. Dan yang pasti, pos kesehatan juga akan disiagakan selama musim liburan tersebut," kata bupati berusia 44 tahun tersebut.

Untuk keamanan, menurut Kapolres Banyuwangi, AKBP Donny, pihaknya mengerahkan 910 personel gabungan terdiri dari unsur kepolisian, TNI, dan lainnya.

"Di enam destinasi tersebut kami sudah siapkan personil untuk pengamanan. Selain 900 personel, kami juga mendapatkan tambahan dua kompi personel Brimob, dan Sabhara," kata Donny. (iwd/iwd)