Jelang Haul ke 8, Area Makam Gus Dur Ditutup Bagi Peziarah

Jelang Haul ke 8, Area Makam Gus Dur Ditutup Bagi Peziarah

Enggran Eko Budianto - detikNews
Kamis, 28 Des 2017 10:44 WIB
Foto: Enggran Eko Budianto
Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Jombang nanti malam akan menggelar haul ke 8 KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Area makam keluarga Gus Dur mulai pagi tadi sudah ditutup untuk para peziarah.

"Pintu ke pendopo makam kami tutup mulai pagi sampai malam nanti, pendopo makam kami sterilkan," kata salah satu pengurus PP Tebuireng Teuku Azwani kepada wartawan di lokasi, Kamis (28/12/2017).

Akibat penutupan ini, para peziarah hanya bisa berdoa di lorong yang menghubungkan jalan dengan area makam. Sebelum ditutup, para peziarah biasa membanjiri pendopo makam.

Di pendopo Gus Dur dan keluarganya, tampak kesibukan panitia untuk mempersiapkan puncak acara haul. Selain itu terdapat sejumlah santri yang khusyuk membaca Alquran.

"Penutupan makam ini supaya tamu-tamu VIP yang kami undang, tempat sudah steril bisa langsung digunakan, tanpa ada penataan lagi," ujar Azwani.

Sementara Ketua Panitia Haul ke 8 Gus Dur, Iskandar menjelaskan, puncak acara yang digelar mulai pukul 19.00 WIB akan dihadiri 3 mantan menteri Kabinet Persatuan Nasional pada era Gus Dur. Yakni mantan Menteri Pertahanan Mahfud MD, mantan Menko Ekuin Rizal Ramli dan mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Khofifah Indar Parawansa.

"Ketiganya akan memberikan testimoni selama mendampingi Gus Dur," terangnya.

Rangkaian acara haul sendiri, lanjut Iskandar, digelar sejak Rabu (27/12) malam, yakni dimulai dengan gelaran Ishari (Ikatan Seni Hadrah RI). Sementara pagi ini diisi dengan khataman Alquran oleh seribu majelis, siang nanti pementasan seribu rebana.

"Puncak acara malam nanti juga diisi dengan tahlil dan pengajian umum," tandasnya. (fat/fat)