DetikNews
Minggu 24 Desember 2017, 15:47 WIB

Gagal Ujian SIM di Gresik, Manfaatkan Coaching Clinic

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Gagal Ujian SIM di Gresik, Manfaatkan Coaching Clinic Coaching clinic di Satpas Polres Gresik (Foto: istimewa)
Gresik - Selama ini tak sedikit pemohon SIM di Satpas Sat Lantas Polres Gresik yang gagal mendapatkan SIM karena tak lulus ujian, utamanya ujian praktik. Sat Lantas pun membuat coaching clinic untuk memfasilitasi mereka yang tak lulus ujian praktik SIM untuk berlatih.

Coaching clinic adalah program yang ditujukan bagi pemohon SIM yang tak lulus ujian praktik. Dengan coaching clinic, pemohon SIM bisa berlatih agar nantinya bisa menjalani ujian praktik hingga lulus.

"Selama ini banyak komplain ke kami karena banyak yang gagal mendapatkan SIM akibat gagalnya ujian praktik. Yang gagal ujian praktik kan biasanya grogi atau nggak pernah diimbing. Makanya kami bikin program ini," ujar Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardhilestanto kepada detikcom, Minggu (24/12/2017).

Sejak menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Gresik, Wikha memang memperketat sistem pembuatan SIM sehingga tak ada celah bagi calo untuk masuk ke dalamnya. SIM murni dikeluarkan hanya bagi pemohon yang benar-benar sudah mengikuti ujian tulis dan praktik.

Tak hanya pemohon sim C, pemohon sim A pun ikut coaching clinicTak hanya pemohon sim C, pemohon sim A pun ikut coaching clinic (Foto: istimewa)

Namun Wikha tak tutup mata. Dengan adanya komplain yang masuk, maka lulusan Akpol 2007 ini membuat coaching clinic. Banyak yang antusias dengan apa yang dilakukannya ini.

"Sudah sebulan coaching clinic ini berjalan. Kalau ujian tulis kan banyak sumber yang bisa didapatkan, kalau ujian praktik kan tidak karena harus ada sarananya. Di coaching clinic ini, pesertanya diajarin benar-benar," kata Wikha.

Awalnya coachng clinic ini tak banyak yang mengikutinya. Namun lambat laun, semakin banyak yang tahu dan semakin banyak yang mengikuti. Coaching clinic digelar setiap hari kerja setelah layanan Satpas tutup atau mulai pukul 15.30-17.00 WIB.

"Sekarang setiap harinya ada sekitar 15-20 orang yang mengikuti coaching clinic. Bukan tak mungkin jumlahnya nanti akan bertambah," lanjut Wikha.

Di coaching clinic, pemohon SIM diajari benar-benarDi coaching clinic, pemohon SIM diajari benar-benar (Foto: istimewa)

Saat ini coaching clinic hanya digelar di Satpas Sat Lantas Polres Gresik di Randuagung. Tapi sebentar lagi coaching clinic akan bisa diikuti di dua tempat lain yakni di Driyorejo dan Polsek Panceng.

"Jadi, nantinya warga Gresik kota bisa mengikuti coaching clinic di Satpas Randuagung. Warga Gresik selatan bisa di Driyorejo dan warga Gresik utara bisa di Polsek Panceng. Nanti ada petugas yang kami assesment untuk melakukan coaching clinic," tandas Wikha.
(iwd/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed