DetikNews
Jumat 22 Desember 2017, 15:53 WIB

Polres Blitar Kota Gelar Imunisasi Difteri di Hari Ibu

Erliana Riady - detikNews
Polres Blitar Kota Gelar Imunisasi Difteri di Hari Ibu Kapolresta Blitar menenangkan balita yang sedang diimunisasi difteri (Foto: Erliana Riady)
Kota Blitar - Kegiatan menjaga kesehatan masyarakat dilakukan Bhayangkari Polres Blitar Kota saat merayakan Hari Ibu. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Blitar dan Puskesmas Kepanjenkidul , ibu-ibu anggota Bhayangkari menggelar imunisasi difteri di Polresta Blitar.

"Pada Hari Ibu kali ini, kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Blitar menggelar imunisasi massal. Ini untuk mengantisipasi endemi difteri kepada keluarga besar Polres Blitar Kota," kata Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar pada detikcom, Jumat (22/12/2017).

Sebanyak 200 balita hingga orang dewasa menerima vaksin difteri. Biasanya vaksin difteri akan diberikan jika telah ditemukan penderita positif difteri di kawasan itu.

"Tidak ada yang menderita difteri di keluarga besar Polres Blitar Kota ya. Ini untuk antisipasi karena Menkes menyatakan KLB untuk wilayah lain di Indonesia. Makanya sedari dini, kami lakukan vaksin untuk balita yang belum menerima vaksin dan pengulangan bagi orang dewasanya," jelas Adewira.

Imunisasi difteri ini diberikan dalam rangka hari ibu Imunisasi difteri ini diberikan dalam rangka hari ibu (Foto: Erliana Riady)

Sebelum vaksinasi dilakukan, Adewira bersama petugas Puskesmas Kepanjen Kidul memberikan pengarahan kepada orang tua dan anak yang akan divaksinasi difteri.

Difteri merupakan infeksi menular yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium. Gejalanya berupa sakit tenggorokan, demam, dan terbentuknya lapisan di amandel dan tenggorokan. Dalam kasus yang parah, infeksi bisa menyebar ke organ tubuh lain seperti jantung dan sistem saraf.

Menurut Adewira, meski kasus difteri di klaim menurun oleh Pemkot Blitar, namun pencegahan tetap penting dilakukan. Melalui vaksin difteri ini, diharapkan tidak akan ditemukan lagi kasus difteri di wilayah hukum Polres Blitar Kota.

"Meskipun kasus difteri menurun, kewaspadaan dan pencegahan tetap penting untuk dilakukan," pungkas Adewira.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed