DetikNews
Minggu 17 Desember 2017, 16:14 WIB

Risma Punya Ritual Khusus Saat Musim Hujan, Apa Itu?

Rois Jajeli - detikNews
Risma Punya Ritual Khusus Saat Musim Hujan, Apa Itu? Foto: Istimewa
Surabaya - Saat musimhujan, Wali Kota Tri Rismaharini, selalu melakukan ritual khusus. Ini agar kota dan warga Surabaya dilindungi Tuhan dari mara bahaya maupun bencana. Apa ritualnya?

"Ibu (wali kota Risma) selalu memantau (perkembangan Kota Surabaya) HT saat musim hujan. Melalui HT yang tersambungkan ke seluruh chanel, ibu memimpin doa, semoga Kota Surabaya dan warga, dilindungi Tuhan dari mara bahaya dan bencana," ujar Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser, Minggu (17/12/2017).

Selain itu, hampir setiap hari Risma memantau saluran air seperti di kawasan Wiyung, Gunungsari.

Pagi tadi, rute yang dipantau wali kota dari PDI Perjuangan ini cukup panjang. Setelah saluran air di kawasan Surabaya barat, Risma terus menuju ke pembangunan saluran air di Jalan Semarang.

Saat Risma datang, para pedagang kaki lima (PKL) langsung menertibkan sendiri dan tidak terlihat kumuh.

Risma juga menginstruksikan agar ranting pohon di depan Stasiun Pasar Turi itu ditebang yang rapi. Agar di musim hujan ini, patahannya tidak mengenai warga.

"Memang ibu setiap hari terus meninjau. Bahkan di hari Sabtu maupun Minggu, rutenya lebih panjang," tuturnya.

"Selain meninjau langsung saluran air, ibu juga memantau rumah pompa melalui ipad-nya. Kalau ada sampah di saluran di pintu rumah pompa, untuk segera dibersihkan. Sehingga pada saat turun hujan, airnya lancar dan tidak terhambat," jelasnya.
(roi/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed