DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 08:08 WIB

Jelang Natal, Omzet Kerajinan Fiberglass di Jombang Melonjak

Enggran Eko Budianto - detikNews
Jelang Natal, Omzet Kerajinan Fiberglass di Jombang Melonjak Kerajinan berbahan fiberglas banyak pesanan/Foto: Enggran Eko Budianto
Jombang - Perayaan Natal 25 Desember 2017 mendatangkan berkah bagi pembuat kerajinan berbahan fiberglas di Jombang. Omzet kerajinan ini naik puluhan juta rupiah seiring melonjaknya jumlah pesanan.

Seperti yangdirasakanNathalia,pemilikJava Fiber diDesaBanjardowo, Jombang Kota. Sehari-hari, dia membuat anekasou
Pesanan kerajinan fiberglass meningkat/Pesanan kerajinan fiberglass meningkat/ Foto: Enggran Eko Budianto
venir Natal dari bahan fiberglass. Mulai dari replika salib, tempat lilin, patung kepala Yesus, patung Bunda Maria, patung angel, serta patung perjamuan agung.

Perempuan 37 tahun ini mengaku kebanjiran pesanan sejak awal November lalu. Jumlah pesanan yang dia terima selama sebulan, naik hingga 520 biji. Pesanan itu sebagian besar dari perusahaan dan toko-toko yang ada di Solo dan Surabaya.

"Menjelang Natal, omzet November saja sudah Rp 126 juta. Bulan biasa omzet penjualan saya Rp 75-90 juta," kata perempuan yang akrab disapa Lia ini di tempat usahanya, Sabtu (16/12/2017).



Lia menjelaskan, selain aneka hiasan, pesanan parsel khusus Natal juga membludak. Setiap parsel berisi 6 toples kue dengan hiasan bunga dan pernik Natal. Seperti salib, patung angel, tempat lilin dan bingkai foto.

"Kalau bentuk parsel, harganya Rp 600 ribu. Kami juga bisa mengerjakan sesuai budget konsumen, bisa senilai Rp 250 ribu," terangnya.

Banyaknya pesanan yang diterima Lia menjelang perayaan Natal, tak lepas dari kualitas produknya yang bersaing. Fiberglass menggunakan campuran pada umumnya, yakni resin dicampur kalsium, kobalt dan katalis sebagai.

Setelah diaduk rata, bahan itu dibentuk menggunakan cetakan silikon. Dilanjutkan dengan proses penghalusan secara manual, pemberian warna dasar dan pewarnaan luar secara manual menggunakan kuas.

"Harganya variatif, paling murah Rp 2 ribu kayak gantungan kunci dan hiasan kulkas. Termahal bisa sampai Tp 1-1,5 juta, tergantung perminantaan pemesan," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed