DetikNews
Jumat 15 Desember 2017, 18:53 WIB

Hari Migran Internasional 2017 Dipusatkan di Ponorogo

Charolin Pebrianti - detikNews
Hari Migran Internasional 2017 Dipusatkan di Ponorogo Menteri Tenaga Kerja M Hanif Dhakiri (Foto: Dok Kemenaker)
Ponorogo - Hari Migran Internasional yang selalu diperingati setiap tanggal 18 Desember, untuk tahun ini dipusatkan di Ponorogo. Menteri Tenaga Kerja (Menaker) M. Hanif Dhakiri akan mendatangi Desa Paringan, Kecamatan Jenangan, yang dikenal sebagai kampung Schizophrenia (gila) atau yang biasa disebut kampung sinting.

Tim Media dan Komunikasi Menaker, Sohirin saat dihubungi detikcom mengatakan Menaker akan melakukan berbagai kegiatan di Ponorogo. "Rencananya akan mendongeng bersama anak para TKI di Desa Paringan," tuturnya, Jumat (15/12/2017).

Selain itu, Menaker direncanakan akan berdialog dengan para TKI sekaligus mencoba olahraga air tubbing atau arung jeram yang dikelola oleh para TKI di Desa Paringan.

"Selain itu, juga akan ada acara peletakan batu pertama untuk 300 rumah TKI," jelasnya.

Ponorogo dipilih karena kota ini salah satu kantong TKI. Selain itu ada berbagai program TKI yang bagus, seperti adanya perumahan TKI yang digagas oleh TKI sendiri.

Program Desa Migran Produktif (Desmigratif) yang digagas oleh Kemenaker saat ini baru tercapai 122 desa dari total targetnya 400 desa tahun 2019 mendatang, Ponorogo menjadi salah satu bagian dari program ini.

Di Desmigratif nantinya, akan ada pusat layanan migrasi, kegiatan usaha produktif para TKI, pengayoman terhadap anak-anak TKI, serta penguatan usaha produktif jangka panjang.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed