DetikNews
Rabu 13 Desember 2017, 20:33 WIB

Selain Tinggikan Pintu Air, Risma Juga Kebut Pembangunan Saluran Air

Zaenal Effendi - detikNews
Selain Tinggikan Pintu Air, Risma Juga Kebut Pembangunan Saluran Air Risma saat sidak di pintu air (Foto: Zaenal Effendi)
Surabaya - Selain meninggikan beberapa pintu air, Wali Kota Tri Rismaharini juga menyebut banjir di Surabaya disebabkan saluran rumah tangga dan air hujan jadi satu.

"Jadi air buangan rumah tangga dengan air hujan itu jadi satu, di beberapa tempat ada dua, satu untuk rumah tangga dan air hujan. Diolah dulu air rumah tangga baru disalurkan ke sungai dan memperlama ketinggian endapan itu," ungkap Risma saat sidak di pintu air Tambak Wedi, Rabu (13/12/2017).

Menurutnya, beberapa titik drainase di Surabaya sudah mempunyai dua saluran untuk mengantisipasi endapan atau sedimentasi di sungai.

Beberapa dua saluran yang dimaksud itu berada diantaranya kawasan Manyar Kertoarjo, Kertajaya dan di sekitar Balai Kota Surabaya.

Selain itu Risma juga menyebut pihaknya tiap tahun rutin melakukan normalisasi sungai. "Kalau sedimentasi kita tiap tahun keruk, hampir semua, bahkan ada setahun dua kali," tandas Risma.
(ze/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed