DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 14:12 WIB

Marak Elpiji 3 Kg Langka, Ini Hasil Sidak Polisi dan Petugas Gabungan

Andhika Dwi - detikNews
Marak Elpiji 3 Kg Langka, Ini Hasil Sidak Polisi dan Petugas Gabungan Foto: Andhika Dwi
Kediri - Maraknya isu kelangkaan elpiji 3 kg di Jawa Timur dan Jabotabek, membuat anggota Polres Kota Kediri sidak ke sejumlah agen.

Bersama dengan Satgas Pangan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah, Kapolresta Kediri AKBP Anthon Heryadi mendatangi agen, salah satunya PT Latu Pinar Gas, Jalan Sultan Agung.

"Ini sebagai langkah antisipasi dan menjaga kestabilan kondisi kamtibmas terhadap elpiji dan harga komoditas lainnya di Kota Kediri," kata Anthon kepada wartawan di halaman mapolres Jalan KDP Slamet, usai sidak, Selasa (12/12/2017).

Dan terbukti, saat sidak tidak ada kelangkaan. Jumlah elpiji 3 kg selalu sisa setiap harinya. Dan persediaan aman hingga perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Ini terbukti tidak ada kelangkaan maupun kesulitan mendapatkan tabung elpiji 3 kg di Kota Kediri, namun demikian tetap anggota saya akan melakukan pemantauan khususnya terhadap sejumlah agen maupun pengecer elpiji," imbuh Anthon.

Ketua Hiswana Migas Wilayah Karasidenan Kediri David Tompo Iswahyudi mengaku kondisi elpiji di Karasidenan Kediri (Kota-Kabupaten Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kota Kab Kediri, Nganjuk) masih aman hingga Natal dan Tahun Baru. Meski ada kenaikan permintaan di bulan Desember, namun kisarannya hanya 2-5 persen.'

"Sebenarnya aman tidak ada kelangkaan, kalaupun ada peningkatan permintaan hanya ada 2-5 persen saja. Bahkan sebenarnya, tahun lalu elpiji 3 kg tidak ada lonjakan permintaan," jelas David.

Berdasar data yang didapat detikcom dari Hiswana Migas Kediri, saat ini ketersediaan elpiji 3kg masih aman dengan rata-rata distribusi elpiji 3 kg/bulan.

1. Kabupaten Blitar 870.320 tabung elpiji
2. Kabupaten Kediri 1.300.600 tabung elpiji
3. Kabupaten Nganjuk 794.100 tabung elpiji
4. Kabupaten Trenggalek 425.180 tabung elpiji
5. Kabupaten Tulungagung 897.540 tabung elpiji
6. Kodya Blitar 155.370 tabung elpiji
7. Kodya Kediri 359.940 tabung elpiji
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed