DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 19:19 WIB

Gembiranya 300 Pasangan Ini Setelah Mendapat Surat Nikah

M Rofiq - detikNews
Gembiranya 300 Pasangan Ini Setelah Mendapat Surat Nikah 300 pasangan mengikuti nikah massal di Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Pemkab Probolinggo menggelar nikah massal. Pernikahan massal ini diikuti sebanyak 300 pasangan. Tak hanya muda, banyak juga pasangan tua yang ikut gelaran ini.

Pernikahan massal diikuti oleh pasangan yang sebelumnya sudah menikah, namun secara siri. Dengan nikah massal ini, status mereka sudah resmi dan diakui oleh negara. Mereka mendapat buku nikah.

"Kegiatan ini kami gelar karena banyak pasangan yang belum memiliki akte nikah di beberapa pelosok desa," ujar Kepala Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Probolinggo Slamet Riyadi kepada detikcom, Senin (11/12/2017).

Salah satu penyebabnya, kata Slamet, adalah keterbatasan ekonomi para warga. Ke depan, Slamet akan melakukan kerjasama dengan pihak Kementerian Agama dan instansi terkait.

"Tahun depan kegiatan serupa sangat perlu untuk dilakukan kembali, mengingat antusias masyarakat tergolong tinggi," ungkapnya

Nikah massal ini dilansungkan di Gedung Islamic Center Kraksaan, Kabupaten Probolinggo Sebelum memasuki gedung yang berukuran besar tersebut. Mereka melakukan serangkaian acara. Para pasangan diarak menuju gedung dengan alunan musik hadrah. Mereka mengenakan pakaian kebaya model masa kini.

Salah satu pengantin pria, Miskat, mengaku dirinya mengikuti kegiatan ini sebab meski sudah 10 tahun menikah, ia tak punya surat nikah. "Karena nikah saya hanya melalui nikah siri lewat pak modin yang ada di desa," kta Miskat.

Hal senada juga dikatakan, Misnanda salah satu pengantin wanita. Misnanda mengatakan, dirinya memang sudah lama tidak memiliki akte nikah, sehingga dengan adanya program ini ia sangat terbantu.

"Karena tak punya surat nikah, saya tak bisa mengurus akta kelahiran anak. Padahal anak saya mau sekolah," kata Misnanda.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed