150 Sepeda Motor Berknalpot Brong Terjaring Razia

Zaenal Effendi - detikNews
Senin, 11 Des 2017 15:45 WIB
Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - 150 Sepeda motor berknalpot brong dirazia. Penindakan dalam rangka menciptakan kondisi Surabaya makin kondusif ini dilakukan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Ratusan kendaraan itu diamankan di satu titik yang menjadi fokus razia, perempatan Jalan Raya Ngagel-Jalan Bung Tomo. Selain melakukan razia knalpot brong, pemeriksaan surat mengemudi dan kelengkapan kendaraan juga menjadi sasaran.

"Knalpot sudah ada SNI-nya, sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Kalau melanggar langsung kita amankan dan kita bawa ke Satpas Colombo," kata Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pan Pandia di sela razia, Senin (11/12/2017).

Motor knalpot brong dirazia/Motor knalpot brong dirazia/ Foto: Zaenal Effendi


Pandia juga mensosialisasikan kepada produsen dan penjual knalpot brong agar tidak lagi menjual bebas. "Kami juga imbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan knalpot brong," ujar dia.

Ia menegaskan, akan terus melakukan razia knalpot brong hingga pergantian tahun. Untuk kendaraan yang diamankan, para pemilik diwajibkan membawa knalpot standart. Sedangkan knalpot brong akan disita dan dipotong.

"Kami juga memberikan surat tilang kepada pemilik kendaraan dan silahkan mengambil kendaraannya pasca Tahun Baru dengan syarat membawa knalpot standartnya," pungkas Pandia. (ze/fat)