Imbas Erupsi Gunung Agung, Sektor Pariwisata Banyuwangi Meningkat

Ardian Fanani - detikNews
Jumat, 08 Des 2017 16:18 WIB
Foto: Ardian Fanani
Banyuwangi - Erupsi Gunung Agung, Bali, rupanya berimbas ke sektor pariwisata di Banyuwangi. Sejumlah hotel dan destinasi wisata di Banyuwangi dipenuhi wisata yang batal ke Bali. Tak hanya itu, sejumlah penerbangan di Bandara Banyuwangi juga menunjukkan peningkatan signifikan, baik dari dan ke Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku jika ada peningkatan di sektor pariwisata, imbas dari adanya erupsi Gunung Agung di Bali. Hotel, restoran, warung dan destinasi wisata dipadati wisatawan yang batal ke Bali.

"Bukan berarti kita senang dengan adanya musibah di Bali. Tapi yang jelas kami merasakan ada peningkatan (kunjungan) di Banyuwangi. Orang yang tak tahu kalau Banyuwangi punya bandara akhirnya tahu. Dan sebenarnya ini kesempatan Banyuwangi mengenalkan potensinya," ujar Bupati Anas kepada detikcom, Jumat (8/12/2017).

"Hotel-hotel penuh di Banyuwangi. Bahkan banyak yang tak kebagian hotel. Akhirnya mereka terpaksa menginap di homestay dan hotel di Jajag dan Kalibaru. Tapi itu juga pemerataan ekonomi dari sektor pariwisata," tambahnya.

Imbas erupsi Gunung Agung pariwisata Banyuwangi meningkat/Imbas erupsi Gunung Agung pariwisata Banyuwangi meningkat/ Foto: Ardian Fanani


Anas bersyukur seluruh penggiat wisata di Banyuwangi bersikap baik dan melayani kunjungan wisatawan ini. Salah satu contohnya adalah hotel dan restoran tak menaikkan harga saat kunjungan wisatawan meningkat.

"Ketika mereka menilai berkunjung di Banyuwangi murah. Maka mereka akan mengajak teman dan kerabat datang ke Banyuwangi," tambahnya.

Sementara Humas Hotel Santika Banyuwangi, Maria mengaku memang ada peningkatan signifikan imbas erupsi Gunung Agung di Bali. Okupansi hotel meningkat hingga 85 persen. Tak hanya itu, kegiatan-kegiatan meeting juga meningkat di beberapa hari terakhir.

"Memang ada peningkatan. Kami tetap melayani tanpa menaikkan harga tarif hotel," ujarnya. (fat/fat)