DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 21:40 WIB

Menpora Minta Santri Terus Berinovasi

Adhar Muttaqin - detikNews
Menpora Minta Santri Terus Berinovasi Foto: Adhar Muttaqin
Tulungaung - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar pameran aneka karya santri melalui 'Santri Preuneur'. Aneka karya para santri mulai dari kerajinan, kuliner, dan garmen diapmerkan.

"Pesantren bukan hanya tempat menimba ilmu semata, tapi ternyata pesantren juga mampu melahirkan para entrepreneur yang hari ini hasilnya bisa kita lihat secara langsung," kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, di komplek GOR Lembu Peteng Tulungagung, Kamis (7/12/2017) malam.

Menurutnya, kemandirian para santri tersebut perlu terus mendapatkan dorongan akan semakin mempercepat laju pertumbuhan perekonomian, utamanya menyangkut usaha kecil mikro dan menengah (UMKM).

Nahrawi berharap, para santri terus berinovasi, sehingga aneka kreasi yang dimunculkan mampu menopang dan menambah penghasilan secara maksimal.

"Santri itu kalau dilatih sedikit maka akan semakin banyak karya yang dihasilkan. Tapi harus ditopang dengan pelatihan mengenai pengemasan, pemasaran maupun juga kualitas produknya," imbuhnya.

Nahrawi mengaku, kementeriannya juga akan terus mendorong dan memfasilitasi para santri atau pemuda agar bisa mandiri secara finansial dan mampu memberikan manfaat bagi orang lain.

"Salah satunya melalui pameran santri preuneur ini, kemudian kami juga menggelar pelatihan enterpreneur. Kami harap nanti semakin banyak program kementerian," imbuhnya.

Imam Nahrawi berharap, sejumlah kementerian lain juga ikut memberikan program khusus bagi para santri agar bisa menjadi wirausahawan yang sukses.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed