DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 15:11 WIB

Menengok Gerai SIM Samsat Terminal Plus Pertama di Indonesia

Enggran Eko Budianto - detikNews
Menengok Gerai SIM Samsat Terminal Plus Pertama di Indonesia Foto: Enggran Eko Budianto
Mojokerto - Terminal Kertajaya di Kota Mojokerto kini tak sekadar sebagai tempat naik dan turunnya penumpang bus. Di tempat ini, masyarakat bisa menikmati layanan perpanjangan SIM, pembayaran pajak kendaraan bermotor, hingga mengurus izin trayek.

Berbagai pelayanan ini kini bisa dinikmati di Gerai SIM Samsat Terminal Plus Kertajaya Mojokerto. Salah satu ruangan yang telah lama tak terpakai di dalam Terminal Kertajaya, kini disulap Polresta Mojokerto menjadi gerai tersebut.

Ruangan seluas 5x7 meter itu cukup representatif untuk melayani masyarakat. Gerai ini dilengkapi penyejuk ruangan (AC) dan wifi gratis yang bakal membuat nyaman para pengunjung. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kamar mandi, sementara ruang tunggu berada di luar ruangan.

"Kami bangga dengan kerja bareng pihak Polres Mojokerto Kota dan Dishub Propinsi Jawa Timur yang menjadikan tempat pelayanan ini menjadi terwujud. Tempat ini representatif, aman, nyaman. Ini bisa menjadi contoh buat terminal-terminal di seluruh Indonesia dalam melakukan hal yang sama. Sehingga public trust terhadap Polri dan negara meningkat," kata Kapolresta Mojokerto AKBP Puji Hendro Wibowo kepada detikcom lokasi, Kamis (7/12/2017).

Menengok Gerai SIM Samsat Terminal Plus Pertama di IndonesiaFoto: Enggran Eko Budianto

Puji menjelaskan, Gerai SIM Samsat Terminal Plus Kertajaya Mojokerto merupakan inovasi pelayanan yang pertama di Indonesia dengan memanfaatkan terminal. Menurut dia, fasilitas ini mengkolaborasikan pelayanan dari Sat Lantas Polresta Mojokerto, Dishub Jatim, Dispenda dan Jasa Raharja.

Tak hanya bisa mengurus perpanjangan SIM, di gerai ini masyarakat juga bisa membayar pajak kendaraan bermotor 1 dan 5 tahun sekaligus membayar asuransi Jasa Raharja, serta mengurus izin trayek. Dengan begitu, warga Kota maupun Kabupaten Mojokerto tak perlu harus datang ke Mapolres atau kantor Samsat untuk sekadar mengurus perpanjangan SIM dan membayar pajak kendaraan bermotor.

"Cukup datang ke Gerai SIM Samsat Terminal Plus Kertajaya Mojokerto langsung dilayani oleh petugas yang ramah dan humanis dalam waktu cepat, hanya 5 menit. Tentunya tetap sesuai aturan Polri, langsung diproses jadi. Sehingga masyarakat puas dengan pelayanan prima yang diberikan Polri," ujarnya.

Gerai SIM Samsat Terminal Plus Kertajaya Mojokerto, mulai beroperasi sejak diresmikan pada Rabu (6/12/2017). Acara persemian itu juga dihadiri Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Diah Natalisa dan Kepala Dishub Jatim Wahid Wahyudi. Peresmian fasilitas ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Diah Natalisa yang merupakan kakak kandung Kapolri Jendral Tito Karnavian.

Menengok Gerai SIM Samsat Terminal Plus Pertama di IndonesiaFoto: Enggran Eko Budianto

Selain Gerai SIM Samsat Terminal Plus Kertajaya Mojokerto, lanjut Puji, Polresta Mojokerto juga mempunyai fasilitas SIM Corner di Sunrise Mall, Jalan Benteng Pancasila. "Di tempat kami ini masyarakat juga bisa mengurus perpanjangan SIM tanpa harus datang ke Mapolres," terangnya.

Sementara Kepala Dishub Jatim Wahid Wahyudi saat acara peresmian menyatakan apresiasi dan dukungannya terhadap Gerai SIM Samsat Terminal Plus Kertajaya Mojokerto. Dia berharap adanya fasilitas ini akan memudahkan masyarakat untuk mengurus perpanjangan SIM, pajak kendaraan bermotor dan izin trayek.
"Layanan seperti ini tidak hanya satu-satunya di Jawa Timur, tapi juga satu-satunya Se-Indonesia," cetusnya.

Ke depan, tambah Wahid, pihaknya akan membuat inovasi berupa layanan elektronik tiket di terminal yang mempunyai klasifikasi B. Tahun ini, pihaknya fokus menyiapkan perangkat lunak untuk aplikasi e-ticketing ini.

"Supaya masyarakat dapat memesan tiket secara online dan memilih fasilitas kendaraan bus sesuai dengan tarif yang mereka mampu bayar," tandasnya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed