DetikNews
Minggu 26 November 2017, 15:19 WIB

Jelang Operasi Lilin, Pelebaran Jalan Duduk Sampeyan Diharap Rampung

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Jelang Operasi Lilin, Pelebaran Jalan Duduk Sampeyan Diharap Rampung Foto: Istimewa
Gresik - Pelebaran jalan di kawasan Duduk Sampeyan, Gresik, diharap segera rampung. Polisi berharap pelebaran ini selesai sebelum operasi lilin dimulai.

"Operasi lilin 2017 dimulai 23 Desember. Operasi lilin berlangsung 14 hari," ujar Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto kepada detikcom, Minggu (26/11/2017).

Wikha mengatakan, jalur Duduk Sampeyan merupakan jalur sibuk. Hampir setiap waktu jalur tersebut kerap menimbulkan kepadatan dan berpotensi besar mengalami kemacetan. Pelebaran jalan merupakan salah satu solusi mengurai kepadatan sehingga kemacetan terkurangi.

"Jalur ini padat pada pagi hari, ramai lancar pada siang hari, dan kembali padat kembali mulai sore hingga malam. Kendaraan besar turut andil dalam kepadatan jalur ini," kata Wikha.

Jalur yang diperlebar, kataWikha, ada di titik km 31 dan km 32 sepanjang 900 meter. Sebelumnya jalur ini mempunyai lebar 8 meter. Setelah dilebarkan, lebarnya menjadi 19 meter
Pelebaran jalan di kawasan Duduk Sampeyan/Pelebaran jalan di kawasan Duduk Sampeyan/ Foto: Istimewa

Selain dilebarkan, dibangun juga median jalan atau separator di tengah jalan sepanjang 500 meter. Berdasarkan informasi yang didapat Wikha dari penanggung jawab proyek, pelebaran jalur ini akan rampung secara keseluruhan pada 20 Desember 2017.

"Selesainya 20 Desember 2017, tetapi kami berharap sebelum target itu, proyek sudah selesai," lanjut Wikha.

Akpol lulusan 2017 ini menjelaskan, sebelum Natal dan Tahun Baru 2017, arus lalu lintas yang melewati jalur Duduk Sampeyan bakal bertambah padat seiring dengan meningkatnya volume kendaraan. Karena itu, dengan selesainya proyek pelebaran jalan, maka arus yang padat tersebut bisa terpecah. Pengguna jalan pun juga nyaman karena perjalanan lancar.

"Untuk median jalan sepanjang 500 meter kami rasa masih kurang, setidaknya median jalan panjangnya minimal 1 km. Tapi kami bisa menyiasatinya dengan traffic cone," tandas Wikha.
(iwd/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed