DetikNews
Jumat 24 November 2017, 21:35 WIB

Pemerintah Akan Reaktivasi Proyek Trem Surabaya

Muhammad Aminudin - detikNews
Pemerintah Akan Reaktivasi Proyek Trem Surabaya Gambaran trem di Surabaya (Foto: Dokumen bapeko pemkot surabaya)
Malang - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan merencanakan reaktivasi trem di Kota Surabaya. Realisasi pembangunan akan melalui skema Kerjasama Pemanfaatan Badan Usaha (KPBU)

"Untuk reaktivasi trem Surabaya, kami mendorong skema KPBU, atau kerjasama swasta dengan BUMN (pemerintah)," ujar Sekretaris Kementerian Perhubungan Sugihardjo kepada wartawan usai dialog Sinergi Membangun Bangsa 'Potensi Infrastruktur Transportasi Jawa Timur sebagai Gerbang Ekonomi Indonesia di Universitas Brawijaya Jalan Veteran, Jumat (24/11/2017).

Sugihardjo mengaku, studi kelayakan sudah selesai dilakukan. Tinggal penulisan dokumen penawaran kepada swasta, agar sepadan dengan peluang bisnis yang diharapkan swasta.

"Studi sudah, tinggal penulisan dokumen kerjasama untuk ditawarkan kepada swasta. Karena swasta tidak bisa diperintah, mereka akan melihat bagaimana ada dan tidaknya peluang bisnis di sana," terang Sugihardjo.

"Kemarin penandatanganan dukungan dari ADB sudah dilaksanakan. Bertujuan meningkatkan kualitas SDM dalam menyiapkan dokumen itu. Mana proyek strategis yang bisa dikerjasamakan," sambungnya.

Dikatakan juga, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sangat intensif dan mendorong proyek ini segera terwujudkan. "Bu Risma sangat intensif," tandasnya.

"Jadi kalau mau naik trem, gak usah ke Eropa cukup nanti di Surabaya," kata Sugihardjo dalam dialog yang dihadiri mahasiswa dari tiga perguruan tinggi di Kota Malang, itu.

Menurut dia, Surabaya memiliki potensi dengan pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional. Kondisi itu menunjukkan kemajuan dari daerah tersebut.

Diperkirakan investasi triliunan rupiah dibutuhkan untuk realisasi trem Surabaya. Rencana jalur trem adalah Joyoboyo-Raya Darmo-Urip Sumoharjo-Basuki Rahmat-berlanjut Panglima Sudirman, memutar kembali ke Jalan Urip Sumoharjo-Raya Darmo-Joyoboyo.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed