DetikNews
Jumat 24 November 2017, 13:13 WIB

Ini Kemeriahan Kapal Pesiar Sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi

Putri Akmal - detikNews
Ini Kemeriahan Kapal Pesiar Sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi Foto: Putri Akmal
Banyuwangi - Kapal cruise berbendera Bahamas MV. Silver Discover kembali bersandar mulus di area PT Pelindo III cabang Tanjung Wangi, . Kapal yang berlayar dari Singapura ini membawa ratusan turis mancanegara, untuk berkunjung ke beberapa kota di Indonesia, salah satunya Banyuwangi.

Sebelumnya kapal cruise dengan panjang (LOA) 102.96 meter yang membawa 182 penumpang dari berbagai macam negara termasuk crew kapal itu pernah bersandar di Banyuwangi, November tahun lalu.

Pantauan detikcom, sebelum kapal sandar di Dermaga Tanjung Wangi, tampak beberapa penari gandrung dengan iringan musik tradisional mulai bersiap menghibur. Saat para crew dan penumpang turun dari kapal, satu per satu dari mereka diberi kehormatan untuk memakai udeng dan kain batik khas using.

Beberapa dari mereka juga asyik ikut menari gandrung. Kapten kapal MV Silver Discoverer, Tomasz Kulas menyampaikan sukacitanya saat bersandar di Banyuwangi. Penyambutan dengan tarian gandrung juga membuat semua seluruh penumpangnya lebih santai dan mengenal budaya.

"Saya sangat bangga dengan pelayanan dan penyambutan Tanjung Wangi bagi MV Silver Discover. Dipakaikan udeng dan batik membuat kami senang dan tarian gandrung membuat kami lebih santai dan tenang," kata Tomasz Kulas saat berbincang dengan detikcom di area Tanjung Wangi, Banyuwangi, Jumat (24/11/2017).

Kapal Pesiar Sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi/Kapal Pesiar Sandar di Pelabuhan Tanjung Wangi/ Foto: Putri Akmal


Tomasz menyebutkan, sebelum ke Banyuwangi, kapal pesiar yang ia nakhodai perjalanan sebelumnya telah melakukan perjalanan dari Pulau Komodo dan Benoa Bali. Setelah dari Banyuwangi mereka akan melakukan perjalanan ke Madura, Sulawesi dan berakhir di Singapura.

"Setelah dari Banyuwangi kami akan ke Sumenep Madura, Sulawesi lalu kembali ke Singapura," paparnya.

Selama di Banyuwangi para penumpang kapal pesiar akan dibagi menjadi 2 grup. Satu grup akan mengunjungi Kawah Ijen, sedangkan grup lainnya akan melakukan tour ke Perkebunan Kaliklatak.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Cabang Tanjung Wangi, Lina Ratnasari menambahkan, Banyuwangi punya potensi besar untuk mendongrak kunjungan kapal pesiar. Untuk itu perlu dilakukan promosi wisata Banyuwangi pada saat diselenggarakannya even-even kapal cruise internasional.

Ia berharap dengan adanya jalinan komunikasi dan kerjasama antara pihak Agen kapal, Kementrian Pariwisata melalui dinas pariwisata Banyuwangi dan Pelindo III bisa menarik kunjungan kapal cruise ke Banyuwangi.

"Kami optimistis jumlah kunjungan kapal pesiar meningkat. Apalagi Banyuwangi memiliki Destinasi Wisata menarik untuk dikunjungi," ungkap Lina.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed