Punya 64 Anak Asuh, Brigadir Rochmat Diberangkatkan Umroh

Sugeng Harianto - detikNews
Kamis, 23 Nov 2017 12:31 WIB
Foto: Sugeng Harianto
Madiun - Anggota Brimob Detasemen C Pelopor Polda Jatim, Brigadir Rochmat Tri Marwoto, tak henti-hentinya bersyukur. Atas keikhlasannya mengasuh 64 anak asuh kurang mampu, dia diganjar penghargaan dari Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin.

Kini, warga Dusun Jati, Desa Klagenserut, Kecamatan Jiwan, Madiun, mendapat hadiah umroh. Hadiah umroh yang akan memberangkatkan dirinya tahun 2018 itu dari Kasat Brimob Polda Jatim Kombespol Totok Lisdiarto.

"Semua itu atas panggilan Allah. Kapanpun kalau sudah dipanggil akan tiba saatnya," ungkap Brigadir Rochmat terharu saat ditemui detikcom di Markas Brimob Jalan Yos Sudarso Madiun, Kamis (23/11/2017).

Dia menjelaskan selain dirinya, anak asuhnya bernama Bharatu Rico (24) yang bertugas di Tim Gegana Sat Brimob Makasar Sulsel sejak 2004, juga mendapat hadiah umroh.

"Saya juga bangga. Memang Allah memanggil anak saya duluan untuk ke tanah suci," tambahnya.

Brigadir Rochmat menjelaskan Rico (24) menjadi anak asuhnya sejak sekolah kelas 2 SMA. Rico mendapat kesempatan berangkat umroh 30 November 2017 dari pimpinannya Kombespol Totok Lisdiarto sebelum bertugas di Polda Jatim.

"Memang tiap tahun kita pilih untuk memberangkatkan umroh bagi anggota yang berprestasi. Dan Rico ini yang juga ajudan saya, ternyata dulunya anah asuh Rochmat dan saya baru tahu itu," jelas Kombespol Totok Lisdiarto usai upacara pengukuhan pimpinan baru
Komandan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jatim AKBP Redy Purnanto di Madiun.

Totok menambahkan pemberian hadiah umroh setiap tahun atas perilaku dan prestasi. "Tanggal 30 November ada 5 anggota saya berangkatkan, kita nilai prestasi dan perilakunya," tandas Totok. (fat/fat)