DetikNews
Kamis 23 November 2017, 09:55 WIB

Rumah Rusak Diterpa Puting Beliung, Warga Sidoarjo Bersih-bersih

Suparno - detikNews
Rumah Rusak Diterpa Puting Beliung, Warga Sidoarjo Bersih-bersih Warga dibantu tim relawan melakukan bersih-bersih/Foto: Suparno
Sidoarjo - Ratusan rumah warga di tiga desa di Kecamatan Waru, Sidoarjo, terdampak puting beliung. Hujan deras disertai puting beliung yang terjadi, Rabu (22/11) sore menyebabkan ratusan rumah rusak, bahkan ada yang roboh.

Rumah warga yang terkena puting beliung yakni di Desa Tambakrejo, Tambak Sumur dan Tambak Sawah. Kondisi paling parah terjadi di Desa Tambakrejo. Dari pantauan detikcom, Kamis (23/11/2017) pagi, warga mulai membersihkan rumah-rumahnya. Dibantu anggota TNI, Polri, relawan, Banser, BPBD Sidoarjo, warga dan Satpol PP.

Baca Juga: Angin Puting Beliung Rusak Ratusan Rumah Warga di Sidoarjo

Sedangkan warga yang rumahnya roboh dan rusak mengungsi di sekolah MI Darul Ulum. Jumlah warga yang mengungsi 100 orang, namun sebagian sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Warga Desa Tambakrejo bersih-bersih/Warga Desa Tambakrejo bersih-bersih/ Foto: Suparno


Salah satu warga Desa Tambakrejo RT 2 RW 1 Desa Tambakrejo, Fitri (46) mengaku mulai pagi sudah membersihkan reruntuhan rumahnya.

"Sejak pagi tadi kami warga sekitar RT 2 RW 1 melakukan bersih-bersih reruntuhan," kata Fitri kepada detikcom di rumahnya.

Sementara Syarifudin (39), warga Desa Tambakrejo mengaku saat terjadi puting beliung, dirinya sedang bekerja. Sedangkan tiga anak dan istrinya, Supriatin (37) berhasil menyelamatkan diri.

Warga terdampak puting beliung bersih-bersih/Warga terdampak puting beliung bersih-bersih/ Foto: Suparno


"Waktu kejadian, anak dan istri saya lari ke masjid. Karena atap rumah kami terbang terbawa angin," jelas Syarifudin.

Sementara Kepala BPBD Sidoarjo Dwidjo mengaku saat ini tim relawan, TNI, Polri, Satpol PP fokus melakukan pembersihan puing-puing yang berserakan di jalan. "Fokus kita saat ini membersihkan akses jalan agar bisa dilewati, dibantu tim relawan. Setelah itu besok fokus membantu rumah warga yang atapnya terbawa angin atau rumahnya roboh," kata Dwidjo kepada wartawan di lokasi.

Sementara Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Kav M. Zulkifli mengaku pihaknya fokus membantu warga yang mengungsi dan membersihkan puing-puing.

Atap rumah warga terbang dan berjatuhan terbawa angin/Atap rumah warga terbang dan berjatuhan terbawa angin/ Foto: Suparno


"Kita akan kerahkan 200 personel dari TNI untuk membantu pembersihan puing-puing. Selanjutnya akan membantu untuk perbaikan rumah warga yang rusak," tambahnya.

Dari pantauan detikcom, ratusan relawan tampak membantu warga memotong pohon dan membersihkan akses jalan yang berserakan dengan puing-puing reruntuhan kayu atau rumah.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed