detikNews
Kamis 23 November 2017, 09:01 WIB

Mahasiswa Poliwangi Ciptakan Alat Bagi Pengajar Difabel

Putri Akmal - detikNews
Mahasiswa Poliwangi Ciptakan Alat Bagi Pengajar Difabel Foto: Putri Akmal
Banyuwangi - Mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) mengembangkan inovasi teknologi yang dinamai Digital Braille Converter. Teknologi ini untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar (KBM) penyandang disabilitas dengan menggunakan braille.

Inovasi berbentuk software converter ini ditujukan untuk mempermudah pengajar khusus tuna netra saat menyampaikan materi belajar. Dalam pengoperasiannya cukup mudah. Hanya dengan menginstal aplikasi pada gawai yang dimiliki. Lalu aplikasi converter yang telah tersistem di gawai mampu mengubah huruf abjad atau latin ke huruf braille.

"Tinggal buka aplikasi di android, setelah itu klik menu dan pengajar dapat memilih bahasa dan pilihan converternya. Ketik huruf yang diinginkan, alat itu akan menkonverter ke huruf braille," kata Wakil Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi, Muhamad
Fuad Al Haris, Kamis (23/11/2017).

Haris menambahkan, aplikasi ciptaan mahasiswa Poliwangi ini bisa digunakan untuk tenaga pengajar saat memberikan KBM kepada penyandang multiple disabilities (tuna majemuk). Pihaknya berharap dengan pola pengajaran dengan dibantu alat yang lebih modern, pengajar dan siswa bisa lebih mudah menyerap informasi.

"Karena selama ini braille hanya digunakan secara konvensional dengan teknologi yang kekinian kita buat pola ini. Maka, mengajar dan belajar menggunakan braille kini bisa menjadi mudah dan menyenangkan," papar Haris.

Secara keseluruhan produk teknologi kekinian milik Poliwangi itu mampu bekerja dengan baik. Namun pihak Poliwangi belum berani untuk melempar ke pasar bebas. Sebab, tampilan alat tersebut akan disempurnakan.

"Ini masih tahap produksi, prototipe sudah dibuat dan sedang disempurnakan. Ini tampilannya yang perlu dirapikan. Nanti jika memang sudah layak digunakan bagi pasar, maka produk ini bisa digunakan bagi penyandang difabel," tandasnya.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed