DetikNews
Selasa 21 November 2017, 22:45 WIB

Waspadai Penipuan Jelang Sertijab Kapolrestabes Surabaya

Imam Wahyudiyanta - detikNews
Waspadai Penipuan Jelang Sertijab Kapolrestabes Surabaya Kapolrestabes Surabaya Kombespol Mohammad Iqbal (Foto: istimewa)
Surabaya - Sebentar lagi Kapolrestabes Surabaya Kombespol Mohammad Iqbal meninggalkan Surabaya. Iqbal telah mendapatkan promosi ke Mabes Polri.

Namun di antara masa atau waktu Iqbal hendak meninggalkan Surabaya, biasanya ada oknum atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Mereka memanfaatkan kepergian Iqbal dan kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang baru dengan melakukan penipuan.

"Saat mendekati serah terima jabatan (sertijab), rawan dimanfaatkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Mereka biasanya meminta uang mengatasnamakan kapolrestabes baru atau bisa jadi mengatasnamakan saya," ujar Iqbal, Selasa (21/11/2017).

Orang yang tidak bertanggung jawab tersebut, kata Iqbal, mempunyai banyak modus dalam melakukan aksinya. Mereka melakukannya dengan memanfaatkan berbagai media seperti telepon, pesan, ataupun online.

"Jika warga mendapati penipuan seperti itu, jangan ragu dan segan melapor ke polisi. Jangan langsung percaya jika ada yang meminta uang mengatasnamakan polisi, cek dahulu. Bila perlu lapor polisi," tandas Iqbal.

Hal sama juga pernah terjadi saat Iqbal baru menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya pada awal Desember 2016. Saat itu ada lima orang yang mengaku mendapat telepon dari seseorang.

Dalam telepon, orang itu meminta uang untuk keperluan Iqbal yang baru saja menjabat. Untunglah lima orang itu tak menjadi korban karena mereka segera mengecek kebenaran itu ke polisi.
(iwd/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed