KPU Kabupaten Blitar Terima Anggaran Pilgub Jatim 2018

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 21 Nov 2017 09:13 WIB
Foto: Erliana Riady/File
Blitar - KPU Kabupaten Blitar menerima anggaran sebesar Rp 28,39 miliar dari KPU Provinsi Jatim. Anggaran itu digunakan untuk pelaksanaan Pilgub 2018.

"Rencana Anggaran Belanja (RAB) untuk pelaksanaan Pilgub 2018 telah kami terima dari KPU Propinsi Jatim sebesar Rp 28,39 miliar. Karena sifatnya hierarkis dari KPU Provinsi, maka kami selaku penyelenggara akan memaksimalkan penggunaannya," kata Divisi Keuangan Umum dan Logistik KPU Kabupaten Blitar, Nikmatus Sholihah ditemui di kantor Jalan Raya Garum, Selasa (21/11/2017).

Dana itu, tambah dia, dianggarkan berdasarkan pengajuan data kebutuhan KPU Kabupaten Blitar dalam pelaksanaan Pilgub mendatang. Meliputi jumlah PPK sebanyak 110, PPS sebanyak 744 di 22 kecamatan dan 248 desa.

Menurut Nikmatus, anggaran itu termasuk untuk kebutuhan masing-masing divisi. Mulai dari hukum SDM dan kebutuhan anggaran internal KPU Kabupaten Blitar. Anggaran yang bersumber dari KPU Jatim hampir, belum termasuk dana untuk pengadaan alat peraga kampanye dan sosialisasi.

"Kami sudah ajukan anggaran untuk pengadaan alat peraga kampanye dan sosialisasi. Namun berupa data sesuai kebutuhan, bukan besaran nominal. Dari Rp 28,39 miliar itu sudah termasuk dana untuk simulasi pungut hitung, tapi yang lainnya belum," paparnya.

Sesuai PKPU No 3 yang mengatur kampanye, ada perubahan aturan terkait pelaksanaan sosialisasi. "Kalau 2015 kemarin parpol wajib melakukan sosialisasi. Namun untuk Pilgub ada perubahan. Jadi KPU Kab/Kota tetap menfasilitasi, dan parpol boleh melakukan sosialisasi sendiri sesuai batasan yang ditentukan," ucap Nikmatus.

Sedangkan terkait kotak suara, Nikmatus menyatakan masih memakai kotak dan bilik suara lama. "Untuk pilgub masih memakai kotak dan bilik suara yang lama. Baru nanti untuk pilpres dan pileg sesuai aturan terbaru, yang transparan," pungkasnya. (fat/fat)