DetikNews
Senin 20 November 2017, 20:25 WIB

Nenek Lasiem Tewas saat Rumahnya Mendadak Roboh

Erliana Riady - detikNews
Nenek Lasiem Tewas saat Rumahnya Mendadak Roboh Rumah Nenek Lasiem yang roboh (Foto: istimewa)
Blitar - Nenek Lasiem tewas setelah tertimpa reruntuhan rumahnya yang tiba-tiba ambruk. Ambruknya rumah itu dikarenakan material rumah yang jelek.

Saropah, salah satu tetangga Lasiem mengatakan bahwa sore itu nenek 70 tahun tersebut sedang berdiri di teras rumah tepat di depan pintu. Lasiem keluar ke teras usai mandi sore.

"Tiba-tiba kerangka kayu jendelanya roboh, terus merembet ke bagian lain. Semua atap rumah dan tembok ikutan roboh menimpa Mbah Lasiem," kata Saropah kepada detikcom, Senin (20/11/2017).

Kayu-kayu rumah tersebut menimpa nenek yang tinggal di Dusun Dogong, Desa Gogodeso, Kanigoro, Kabupaten Blitar ini. Kepala Lasiem keluar banyak darah. Lasiem jatuh dalam keadaan tertelungkup tertimbun material kayu dan bangunan rumah..

"Saya langsung lari sambil teriak-teriak minta tolong . Terus sama Pak kepala dusun (Suliyanto) diobrak abrik runtuhan temboknya buat mencari tubuh Mbah Lasiem," ucap Saropah masih gemetar.

Menurut Saropah, kejadian robohnya rumah Lasiem sangat cepat."Bunyi gerubug gitu, tiba-tiba tembok sama atapnya semua roboh bersamaan," ucapnya.

Di tempat ini Nenek Lasiem terjatuh tertimpa material bangunan Di tempat ini Nenek Lasiem terjatuh tertimpa material bangunan (Foto: istimewa)
Tubuh Lasiem ditemukan dengan luka kepala bagian kiri belakang. Darah keluar cukup banyak dari bagian vital itu. Namun sebelum sempat dibawa ke Puskesmas Kanigoro, nyawa nenek sebatang kara itu tak terselamatkan.

"Setelah kami olah tempat kejadian perkara, ternyata material bangunan rumah itu memang jelek. Informasi yang kami terima, sebenarnya rumah itu justru baru direnovasi tahun lalu," jelas Kapolsek Kanigoro AKP Purdianto di lokasi kejadian.

Dari hasil olah TKP, Kapolsek mengaku, menemukan kayu kerangka pintu, jendela, dan atap rumah kondisinya sudah lapuk.

"Mungkin karena cuacanya sekarang sering kena hujan, kayu-kayu yang lapuk itu tidak kuat menyangga tembok. Jadi begitu kerangka kayu jendela roboh, lainnya ikut ambruk beserta temboknya," ungkapnya.

Sekitar pukul 17.15 WIB, jenasah Lasiem disemayamkan di rumah keponakannya. Selama ini Lasiem memang tinggal di rumah itu seorang diri. Tak berapa lama setelah itu, keluarga terdekatnya menguburkan jenazahnya di TPU Gogodeso.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed