DetikNews
Senin 20 November 2017, 15:41 WIB

Truk Boks Terguling Lalu Tabrak Pagar Rumah, Sopir Luka Berat

Enggran Eko Budianto - detikNews
Truk Boks Terguling Lalu Tabrak Pagar Rumah, Sopir Luka Berat Tuk boks ini terguling setelah menabrak truk lain (Foto: Enggran Eko Budianto)
Jombang - Sebuah truk boks terguling dan menyeruduk pagar rumah warga usai menabrak truk lainnya. Sopir truk luka parah akibat kecelakaan ini.

Kecelakaan ini terjadi di Jalan Raya Mojoagung, Desa Miagan, Mojoagung. Saksi mata yang juga warga setempat Joko (50) mengatakan, kedua truk melaju searah dari Surabaya menuju ke Jombang.

Sekitar pukul 13.30 Wib, truk nopol N 5784 YF yang dikemudikan Sukamto (46), warga Desa Tanggung, Padang, Lumajang berputar balik di lokasi kecelakaan. Truk tanpa muatan itu ditabrak dari belakang oleh mobil boks yang dikemudikan Rizal Adharis (35), warga Jalan Plaosan Timur, Kota Malang.

"Kedua truk langsung terdorong ke jalur berlawanan (jalur Jombang-Surabaya), truk boks terguling menabrak pagar rumah, truk colt diesel juga terguling," kata Joko kepada wartawan di lokasi kecelakaan, Senin (20/11/2017).

Akibat kecelakaan ini, truk tanpa muatan terguling menutup separuh jalur Jombang-Surabaya. Oleh warga sekitar, truk berhasil diangkat dan ditepikan sehingga tak memperparah kemacetan. Sopir truk ini selamat.

Sementara truk boks nopol N 9986 AU menabrak pagar rumah milik Medik yang terletak persis di sebelah barat kantor PLN Mojoagung. Pagar rumah ini ambruk total. Bangkai truk yang mengangkut media tanam jamur ini menutup separuh jalur Jombang-Surabaya sehingga mengakibatkan kemacetan.

Truk ini menghancurkan pagar rumah wargaTruk ini menghancurkan pagar rumah warga (Foto: Enggran Eko Budianto)
"Alhamdulillah saat kejadian, di jalur Jombang-Surabaya sedang sepi. Sehingga tak ada pengendara lain yang tertabrak," ujar Joko.

Nahas bagi sopir truk boks, Rizal Adharis. Kaki korban terjepit kabin kendaraan. Dibantu warga sekitar, korban yang tak sadarkan diri berhasil dievakuasi ke Puskesmas Mojoagung untuk menjalani perawatan.

"Korban mengalami patah kaki kiri akibat terjepit kabin truk," terang Kanit Laka Sat Lantas Polres Jombang Iptu Sulaiman.

Sulaiman menambahkan, truk nopol N 5784 YF diduga melakukan pelanggaran lantaran nekat berputar balik di lokasi yang salah. Hal itu diperparah dengan ulah sopir truk boks yang melaju dengan kecepatan tinggi.

"Sopir boks diduga tak bisa mengendalikan laju kendaraan saat tahu ada truk lain berputar balik di depannya," terangnya.

Sampai saat ini proses evakuasi truk boks masih berlangsung. Petugas menunggu mobil derek untuk menarik bangkai truk.

Sementara sejumlah petugas PLN melakukan pengamanan terhadap kabel listrik di atas truk untuk mengantisipasi kebakaran. Pasalnya, bahan bakar truk boks mengalami kebocoran.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed