DetikNews
Senin 20 November 2017, 09:15 WIB

Hobi Modifikasi Mobil Mainan Jadi Ladang Rezeki Pemuda asal Blitar

- detikNews
Hobi Modifikasi Mobil Mainan Jadi Ladang Rezeki Pemuda asal Blitar Foto: Erliana Riady
Blitar - Di dunia mainan, Die-cast adalah mainan atau model yang diproduksi menggunakan metode die-casting. Yakni melalui proses pelelehan logam atau metal untuk kemudian dituang dan dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Die-cast metal terbuat dari metal (logam) dan plastik.

Namanya mainan, tentu hanya untuk bersenang-senang. Namun karena tekun mengerjakan, hobi itu akhirnya mendatangkan uang.

Seperti yang dilakukan Oktavius Yogas (35) warga Sangut, Bendo, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Bermula dari hobinya memodifikasi mobil mainan, lama kelamaan karyanya dilirik orang.

"Awalnya saya hobi mengumpulkan mobil mainan. Lalu bertemu teman-teman yang hobinya sama. Terus belajar otodidak saat senggang, saya modifikasi bentuknya. Ada juga yang saya cat ulang dengan design motif yang beda dari umumnya," katanya ditemui di rumahnya yang dijadikan workshop, Senin (20/11/2017).

Oktavius Yogas hobi modifikasi mobil mainan/Oktavius Yogas hobi modifikasi mobil mainan/ Foto: Erliana Riady


Ilmu yang katanya didapat dari bekerja di bengkel cat duco ini, mendatangkan peluang. Banyak komunitas pecinta mobil dan miniatur mobil datang padanya. Entah untuk mengubah bentuk atau warna.

"Yang paling banyak minta dicat ulang. Kalau bentuk, yang favorit itu custom. Tapi ada juga yang tertarik dibuat seperti teyengen (berkarat)," ulasnya.

Bermain custom, menurut Yogas adalah aktivitas yang sangat menyenangkan. Dia bisa berimajinasi membentuk mobil mainan itu menjadi unik, menarik dan tentu saja berani tampil beda dengan mobil mainan di pasaran.

Pria yang sehari-harinya bekerja di bengkel mobil itu, seakan tidak kehabisan ide. Tampak deretan mobil dan sepeda motor mainan, bahkan karakter tokoh hero berbahan logam terpajang rapi di rak kayu.


Modifikasi mobil mainan karya Oktavius Yogas/Modifikasi mobil mainan karya Oktavius Yogas/ Foto: Erliana Riady


Mobil-mobil mainan yang bisa disaksikan di film kartun, akan tampil dengan karakter berbeda di tangan Yogas. Seperti Bad Duck station wagon, Gradasi Sherif Lancer dan Rat Road pick up ceper.

Tangan cekatan dan terampil itu, begitu tangkas mengubah karakter sebuah mobil. Untuk cat, menggunakan kompresor kecil dan alat semprot penbrush, seakan pikirannya menyatu dengan bodi mobil yang dipegangnya.

Saat ditanya berapa lama proses bekerjanya, bujangan yang tahun depan berencana menikah ini menjawab diplomatis "Kalau pas mood ya cepet. Yang sabar ya," ucapnya.

Ketrampilan Yogas diakui salah satu pelanggannya, Krisna Permadi. Menurut Krisna, Yogas tahu betul apa maunya pelanggan.

Oktavius Yogas hobi modifikasi mobil mainan/Oktavius Yogas hobi modifikasi mobil mainan/ Foto: Erliana Riady


"Seperti Land Rover ini. Saya ingin dibuat beda dengan yang ada di pasaran. Kalau biasanya mobil mainan jenis ini berwarna putih, laku sama Yogas diubah jadi merah maroon. Dan saya sangat puas mobil saya dengan warna barunya ini," aku Krisna.

Untuk mendapatkan koleksi mobil modifikasi ini, Yogas mematok dengan harga variatif. Tergantung ukuran dan style modifikasi yang diinginkan pelanggan. Untuk warna saja, Yogas mematok tarif Rp 120 ribu. Namun untuk potong sambung bodi, ceper dan stiker decal, dia mematok tarif sampai Rp 200 ribu.

Melalui medsos, ketrampilan Yogas mendapat animo positif dari pecinta mobil mainan. Seperti dari Malang, Kediri, Tulungagung, Surabaya bahkan Jakarta.

Dari hobi yang ditekuni dengan kesenangan hati ini, Yogas bisa meraup rejeki hingga jutaan rupiah dalam satu bulan. Baginya kesenangan yang mendatangkan uang, adalah berkah yang patut disyukuri.
(Erliana Riady/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed