DetikNews
Minggu 19 November 2017, 14:29 WIB

Merapat ke Pasuruan, Anas Promosikan Mangga Hasil 'Koalisi'

Muhajir Arifin - detikNews
Merapat ke Pasuruan, Anas Promosikan Mangga Hasil Koalisi Saat Anas menikmati mangga alpukat (Foto: istimewa)
Pasuruan - Calon Wakil Gubernur Jatim (Cawagub) Abdullah Azwar Anas terus melakukan konsolidasi politik. Setelah mengikuti rapat akbar bersama ribuan kader PDI Perjuangan Kota Surabaya, Sabtu malam, Anas lalu merapat ke Kabupaten dan Kota Pasuruan.

Anas menggelar rapat bersama ratusan pengurus dan kader PDI Perjuangan Kabupaten dan Kota Pasuruan. Konsolidasi di dua tempat itu dihadiri Wakil Walikota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, Ketua PDIP Kabupaten Pasuruan Andri Wahyudi, dan Ketua PDIP Kota Pasuruan Pranoto.

"Alhamdulillah, Kabupaten dan Kota Pasuruan adalah daerah ke-33 yang kami kunjungi sejak diumumkan sebagai pasangan cagub dan cawagub bersama Gus Ipul. Barisan makin solid, kami serempak satu kesatuan mengembangkan Jatim. Regu penggerak pemilih sudah bergerak," kata Anas, Minggu (19/11/2017).

Di sela-sela kunjungan, Anas menikmati mangga jenis Klonal 21 atau yang populer disebut mangga alpukat. Disebut mangga alpukat karena cara makannya mirip jika kita menikmati alpukat, yaitu dibelah tengahnya lalu diputar hingga terbelah menjadi dua. Makannya pun menggunakan sendok.

"Ini mangga hasil 'koalisi', antara mangga madu dan gadung. Luar biasa enak rasanya. Manisnya pas. Daging buahnya tebal. Seratnya rapat sehingga saat diputar tidak merembes airnya, kadar airnya rendah. Pas pokoknya," kata Anas.

Manggal alpukat kini memang sedang laris. Tak hanya di Pasuruan, tapi dikirim ke berbagai daerah. "Ini lagi laris-larisnya, karena unik. Ada value yang ditambahkan, ada story-nya, yaitu bagaimana kita makan mangga tapi bergaya makan alpukat. Pasar pun akhirnya terpikat," ujar bupati Banyuwangi tersebut.

"Meski jenis mangga ini cukup lama dikembangkan, sekarang dipasarkan dengan kemasan lain sehingga cukup booming. Ini kreativitas dalam memasarkan produk unggulan daerah, dan lebih penting lagi ke depan pemasaran bersama ini perlu dilakukan antardaerah dengan fasilitas pemerintah provinsi dan pusat, karena kurang efektif kalau jalan sendiri-sendiri," imbuh Anas.

Anas pun secara spontan nge-vlog untuk menceritakan pengalamannya menikmati mangga alpukat. Selama berkeliling Jatim, Anas memang rajin mampir ke produk unggulan daerah serta ikut mempromosikannya melalui media sosial.

"Ini bagian dari politik dengan kegembiraan. Diplomasi kuliner, produk unggulan, juga bermanfaat karena saling memberi info tentang beragam potensi Jatim," ujarnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed