DetikNews
Rabu 15 November 2017, 13:29 WIB

Rebo Pungkasan, Tradisi Syukuran Melimpahnya Ikan di Banyuwangi

Putri Akmal - detikNews
Rebo Pungkasan, Tradisi Syukuran Melimpahnya Ikan di Banyuwangi Prosesi larung sesaji ke tengah laut (Foto: Putri Akmal)
Banyuwangi - Setiap setahun sekali tepat pada Rabu terakhir di Bulan Sapar (kalender jawa), digelar tradisi petik laut yang biasa disebut tradisi Rebo Wekasan/Rebo Pungkasan di Pantai Waru Doyong, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi. Warga percaya ritual petik laut Rebo Pungkasan bisa menolak bala dan bencana sebagai tradisi wujud syukur atas limpahan hasil ikan nelayan.

Beberapa nampan yang telah diisi sesaji berupa kepala kambing dan hasil bumi seperti umbi-umbian ditata dalam miniatur perahu. Sesaji ini sebagai simbol untuk membuang segala macam penyakit dan bencana yang mengancam jiwa nelayan.

Sebelum perahu sesaji dilarung ke tengah laut, seorang tokoh masyarakat membacakan doa bersama. Selepas itu iring-iringan masyarakat terlihat riuh mengantar sesaji. Sebelum sesaji dilarung, Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko juga ikut berdoa untuk keselamatan dan kesejahteraan para nelayan.

Wabup Banyuwangi mengantar sesaji yang dilarung Wabup Banyuwangi mengantar sesaji yang dilarung (Foto: Putri Akmal)
"Semoga para nelayan sekitar bisa bekerja dengan lancar dan diberikan keselamatan sehingga mendapatkan hasil yang melimpah," kata Yusuf.

Ketua Panitia Rebo Pungkasan Pantai Waru Doyong, Sujarno (48) menuturkan, rutinitas masyarakat pesisir yang disebut Bulusan dalam rangka petik laut Rebo Pungkasan itu rutin digelar dengan biaya swadaya masyarakat. Seiring waktu, tradisi ini juga diselingi dengan kesenian jaranan dan hiburan musik lainnya.

Selain melestarikan tradisi tolak bala, kegiatan ini juga dijadikan sebagai salah satu contoh dari kegiatan pariwisata yang peduli lingkungan hidup.

"Suasananya kental terhadap tradisi dan ritual. Ini juga merupakan bentuk penghormatan jejak jejak perkembangan pariwisata tanpa menghilangkan kearifan lokal," pungkas Sujarno.
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed