DetikNews
Rabu 15 November 2017, 11:53 WIB

Reklame Dipasang di Viaduk Kertajaya, Ini Respon Disbudpar

Budi Sugiharto - detikNews
Reklame Dipasang di Viaduk Kertajaya, Ini Respon Disbudpar Papan reklame di Viaduk Kertajaya yang ditutup kain putih/Foto: Zaenal Effendi
Surabaya - Papan reklame yang menempel jembatan viaduk di Jalan Kartajaya tidak diberbolehkan, karena bangunan tersebut merupakan cagar budaya.

"Kayaknya nggak boleh, ada perda atau perwalinya. Tim ahli cagar budaya tidak memberikan rekomendasi (persetujuan)," kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya, Widodo Suryantoro saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (15/11/2017).

Bangunan cagar budaya di Kota Pahlawan memang steril dari penempatan reklame agar tidak merusak kontruksi maupun estetika.

Mengapa Tim ahli cagar budaya tidak merekomendasi penempatan reklame di viaduk tersebut? "Yang tahu pasti alasannya ya tim, silahkan tanya tim ahli cagar budaya," jawabnya.

Adanya dugaan pelanggaran itu, Widodo mengaku tidak memiliki kewenangan untuk menertibkannya. Ia menyarankan meminta penjelasan kepada Ketua Tim Reklame Eri Cahyadi terkait reklame di bangunan yang masih berfungsi sebagai jembatan perlintasan kereta api itu.

Eri yang juga Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Surabaya saat dikonfirmasi belum bisa menjelaskan dengan dalih akan mencari data reklame tersebut.

"Mohon waktu, kami akan cari dulu datanya, karena banyak sekali reklame seperti ini. Mungkin sudah masuk antrean penertiban, tapi saya pastikan dulu," jawabnya secara terpisah kepada detikcom.

Di jembatan viaduk yang merupakan aset PT Kereta Api Indonesia (KAI) tersebut masih terpasang papan reklame cukup besar. Hanya saja reklame itu sudah ditutup kain putih. Papan reklame itu ada dua, yakni menghadap ke Jalan Sulawesi dan ke Jalan Kertajaya.
(ugik/ugik)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed