DetikNews
Senin 13 November 2017, 13:59 WIB

Tahun Kemarin 92 ODGJ Dipasung, Sekarang Banyuwangi Bebas Pasung

Putri Akmal - detikNews
Tahun Kemarin 92 ODGJ Dipasung, Sekarang Banyuwangi Bebas Pasung Para ODGJ di Banyuwangi yang bebas pasung (Foto: Putri Akmal)
Banyuwangi - Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Banyuwangi yang telah terbebas dari pasung tetap dipantau dan dirawat petugas Puskesmas. Melalui program poli kesat (poli kembali sehat) ODGJ tetap diawasi dan diberi ruang untuk berekspresi. Terbukti, di ujung tahun 2017, Banyuwangi berhasil menjadi Kabupaten Bebas Pasung.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi dr Widji Lestariono menyebutkan, data dari Dinkes sampai dengan akhir 2016 lalu masih ada 92 kasus ODGJ yang dipasung. Melalui program poli kesat petugas kesehatan yang tersebar di seluruh Puskesmas menyisir seluruh keluarga yang memiliki anggota ODGJ. Mereka melakukan pendekatan pada keluarga ODGJ agar bisa memberikan terapi dan melepas pasung yang membelenggu.

"Saat ini dari 92 kasus ODGJ pada 2016 lalu ditambah kasus-kasus baru, pada 5 Oktober 2017 seluruh ODGJ sudah bebas (pasung). Ya, sekarang Banyuwangi bebas pasung," ungkap dokter yang akrab dipanggil dr.Rio usai Upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) di halaman Pemkab Banyuwangi, Senin (13/11/2017).

Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko menambahkan, para ODGJ yang telah kembali ke tengah masyarakat ini juga dilatih membuat kerajinan tangan. Tak hanya itu, beberapa orang yang masih mampu secara fisik juga telah diperbantukan sebagai juru parkir.

Menurut Yusuf, puluhan ODGJ yang diikut sertakan dalam upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) ini sekaligus menjadi pengingat jika mereka sedang berupaya sehat dan ingin kembali diterima di tengah masyarakat.

"Setelah mereka terbebas dari pasung, Pemerintah punya tugas merawat ODGJ lewat puskesmas lalu kami beri ruang latihan dan kesibukan. Ini upaya kami supaya mereka tidak terkucilkan, tidak ada diskriminasi. Karena mereka (ODGJ) ini perlu ada aktualisasi diri, kesibukan, supaya mereka tidak kembali lagi seperti dulu," tutupnya.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed