DetikNews
Sabtu 11 November 2017, 16:15 WIB

Aneka Layang-layang Hiasi Langit Balekambang

Muhammad Aminudin - detikNews
Aneka Layang-layang Hiasi Langit Balekambang Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Beragam layang-layang hias mengudara di langit Pantai Balekambang, Kabupaten Malang. Layang-layang ini unjuk kebolehan agar bisa memenangkan lomba yang digelar dalam rangkaian Malang Beach Festival (MBF) 2017.

Setidaknya ada 150 peserta mengikuti lomba layang-layang ini. Bukan saja berasal dari Malang atau tanah air, melainkan juga diikuti peserta dari Malaysia, Swedia dan Polandia.

"Desain layang-layang akan dinilai tim juri saat diterbangkan," kata Ketua Panitia Moch Anwar kepada wartawan di lokasi, Sabtu (11/11/2017).

Selain desain, lanjut Anwar, pemilihan karakter serta kelaikan layang-layang sejak diterbangkan turut menjadi acuan penilaian tim juri.

"Bagaimana mulai layang-layang itu diterbangkan dan nanti disaat di udara juga menjadi penilaian," terang Kadis Pekerjaan Umum Sumber Daya Air ini.

Beragam karakter layang-layang milik para peserta, mula Ikan Pari, Hiu, Gurita, Nemo sampai Nenek Sihir dan Kuda telah mengudara di atas Pantai Balekambang.

Warna-warnanya pun mencolok sehingga menarik perhatian. "Ini pertama kali, kita ikut lomba di pantai. Biasanya tanah lapang, anginnya cukup bagus meski banyak pohon bisa saja mengganggu," ujar peserta asal Johor, Malaysia, Norzarisah terpisah.

Bagi dia, telah banyak mengikuti lomba layang-layang di berbagai negara. Tapi khusus di Pantai Balekambang adalah pengalaman yang menarik. "Karena biasanya di tanah lapang bukan pantai," cetusnya.

Bagus, peserta lain memilih karakter Gurita berukuran besar untuk lomba layang layang ini. Layang layang dibuat Bagus berkelas internasional, berbahan sama dengan parasut terjun payung, namun sangat tipis, yang menghabiskan dana sampai puluhan juta dalam pembuatannya. "Semoga bisa menang," katanya terpisah.

Lomba layang layang ini sekaligus menandai dimulainya Malang Beach Festival (MBF), sebuah event yang digelar sebulan penuh memperingati Hari Jadi Kabupaten Malang ke-1257. Acara dibuka oleh Bupati Malang Rendra Kresna, selain layang layang di lokasi turut digelar Fashion Show 3R.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed