Kota Kediri Juga Gelar Jalan Sehat Bersarung

Andhika Dwi - detikNews
Minggu, 05 Nov 2017 10:50 WIB
Foto: Andhika Dwi
Kediri - Tak hanya di Jember, sekitar 2.000 warga dan santri jalan sehat menggunakan sarung di Alun-Alun Kota Kediri, peringati Hari Santri. Ini bentuk apresiasi penggunaan sarung dalam kehidupan masyarakat di Kota Kediri.

"Selain memperingati hari santri, jalan sehat mengenakan sarung ini merupakan suatu hal yang mencerminkan identitas kota Kediri sebagai kota santri," kata Abdullah Abu Bakar, Wali Kota Kediri usai membuka jalan sehat di Alun-Alun, Jalan PB. Sudirman Kota Kediri, Minggu (5/11/2017).

Sarung tak hanya menjadi ciri khas Kota Kediri, namun telah menjadi bagian tak terpisahkan untuk syiar agama dan kehidupan bermasyarakat serta kebudayaan Kota Kediri.

Wali Kota Kediri ikut jalan sehat bersarung/Wali Kota Kediri ikut jalan sehat bersarung/ Foto: Andhika Dwi


"Selain syiar agama, sarung sudah menjadi bagian dari kehidupan dan budaya masyarakat Kota Kediri, bahkan ada sarung tenun sebagai hasil kerajinan kebanggan Kediri yang telah mendunia," tamba Abu.

Cholis, salah seorang warga Keluarahan Kampung Dalem, Kecamatan Kota Kediri mengaku sehari-harinya tak bisa lepas dari sarung.

"Saya bukan santri, tapi saya antusias senang ikut dalam jalan sehat sarung ini, karena unik dan ikut bangga, sarung menjadi perhatian pemerintah," ucap Cholis.

Jalan sehat memakai sarung ini merupakan pertama kali digelar di Kota Kediri. Tak hanya santri, warga masyarakat Kediri pun antusias nengikuti jalan sehat yang digagas pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Kota Kediri dan Pemkot Kediri. (fat/fat)