DetikNews
Sabtu 04 November 2017, 18:46 WIB

Ini Cerita Risma Saat Surabaya Dapat Penghargaan Global Green City

Grasella Sovia Mingkid - detikNews
Ini Cerita Risma Saat Surabaya Dapat Penghargaan Global Green City Foto: Gracella Sovia Mingkid
Surabaya - Kota Surabaya meraih penghargaan Global Green City dari Global Forum on Human Settlements (GFHS), di New York Amerika Serikat. Wali Kota Risma pun berbagi kisah tentang penghargaan tersebut.

"Jadi itu berdasarkan penilaian mereka bahwa di Surabaya udara yang baik lebih banyak, banjir turun, air bersih hampir merata, kualitas udara lebih bagus setiap tahun, jumlah sampah turun, jumlah pohon yang ditanam banyak," ujar Risma kepada wartawan di ruang kerjanya Gedung Balai Kota Surabaya, Sabtu (4/11/2017).

Surabaya menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari Global Green City dari Global Forum on Human Settlements (GFHS).

Risma juga mengatakan, proses penilaian agak lama karena persaingan yang ketat. Namun, hal itu diakui Risma bukan menjadi tujuan utama.

Penghargaan Global Green City/Penghargaan Global Green City/ Foto: Gracella Sovia Mingkid


"Saya di sana diceritain sama orang dubes, prosesnya (penilaian) agak lama karena persaingan ketat. Karena masing-masing kota menunjukkan kelebihan seperti ada kota dari China yang sekota pakai solar cell, sementara Surabaya berangkat dari konvensional," ujarnya.

Menurutnya, isu green city menjadi suatu isu yang penting di negara barat. "Ini isu yang cantik dan seksi untuk dinilai. Waktu saya di sana, mereka (Negara-negara lain) heran kita bisa dapat penghargaan ini. Bahkan waktu saya cerita kita menanam satu juta pohon setiap tahunnya, mereka kaget. Mau lakukan juga tapi beda musim," ujar Risma.

Risma pun kembali menekankan bahwa hal tersebut dilakukan bukan untuk meraih penghargaan semata.

"Kota lain mungkin berlomba membuat bangunan, tapi kita jadi ruang terbuka hijau. Tujuannya bukan untuk penghargaan, tapi untuk memperbaiki kualitas lingkungan supaya generasi di masa mendatang bisa merasakan kualitas pembangunan Kota Surabaya yang baik," pungkasnya.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed