DetikNews
Jumat 03 November 2017, 18:21 WIB

Kabel Milik Telkom Sudah Rapi, Lantas yang Semrawut Milik Siapa?

Muhammad Aminudin - detikNews
Kabel Milik Telkom Sudah Rapi, Lantas yang Semrawut Milik Siapa? Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Kabel-kabel hitam masih banyak menjuntai di sepanjang Jalan Soekarno Hatta (Soehat) Kota Malang. PT Telkom sudah merapikan kabel miliknya, sementara kabel lain, masih saja dibiarkan begitu saja.

Dari pantauan detikcom, Jumat (3/11/2017), beberapa orang dengan menumpang mobil pikep bertuliskan Telkom Indonesia terlihat di lokasi.

Mereka terlihat sibuk menempelkan tulisan 'Kabel Bukan Milik PT Telkom', di beberapa kabel hitam yang terlihat menjuntai di lokasi.

Pada beberapa titik, kabel kabel mayoritas berwarna hitam terlihat hanya diikat menjadi satu, agar tak semrawut.

Penampakkan ini bisa dilihat mulai dari Jalan Terusan Borobudur hingga Jalan Soehat, dimana tengah dilakukan proyek pelebaran jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur.

Belum diketahui, kabel masih dibiarkan menjuntai tak tak beraturan itu milik siapa? Karena Telkom secara jelas sudah merapikan jaringan milik mereka.

"Kalaupun masih tampak tiang maupun jaringan yang masih semrawut di lokasi, itu bukan milik kami, tiang kami ada tanda cat merah putih satu meter dari tanah," kata GM Telkom area Malang, Juaksa Sinaga dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (2/11) kemarin.

Keberadaan kabel tak beraturan ini berawal dari pergeseran tiang, akibat pelebaran jalan. Baik itu milik PLN serta operator komunikasi lain.

Kondisi ini sudah terjadi sejak dimulai proyek, sebulan lalu. Selain kabel, gorong-gorong tengah dalam pengerjaan juga membahayakan warga.

Hingga saat ini detikcom belum berhasil mengkonfirmasi pihak terkait, yakni UPT Bina Marga Provinsi Jawa Timur wilayah Malang di Jalan Borobudur, Kota Malang.

Kepala Satpol PP Kota Malang Priyadi mengaku, jika kabel kabel berwarna hitam dalam kondisi amburadul, adalah milik provider. Hal itu diketahui, setelah personelnya turun langsung ke lokasi.

"Kabel-kabel itu milik provider Indosat, Play Media (MNC), dan lainnya," ujar Priyadi kepada detikcom terpisah.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed