DetikNews
Rabu 01 November 2017, 15:09 WIB

Terekam CCTV, Pelaku Pencurian Barang Berharga Diringkus

Ghazali Dasuqi - detikNews
Terekam CCTV, Pelaku Pencurian Barang Berharga Diringkus Foto: Ghazali Dasuqi
Situbondo - Sebuah mobil di Situbondo menjadi sasaran aksi pembobolan. Aksi pencurian justru terjadi saat mobil jenis Honda Mobilio itu parkir di tepi jalan raya, di depan pertokoan di Jalan A Yani Situbondo.

Pelaku yang datang menggunakan sepeda motor dengan mudah membuka pintu depan mobil, yang belakangan diketahui milik Imelda (43), warga Situbondo.

Berikutnya, pelaku seorang diri menggasak tas berisi aneka barang berharga dalam mobil tersebut. Selain berisi uang tunai Rp 1,8 juta, dalam tas juga ada laptop, HP android, dan sejumlah kartu ATM dan surat-surat penting lainnya. Aksi pencurian itu terekam CCTV yang terpasang di depan pertokoan setempat.

Berbekal rekaman CCTV itulah, Unit Resmob Polres Situbondo mengungkap aksi pembobolan tersebut. Tanpa menunggu waktu lama, personel Resmob pimpinan Aiptu I Wayan Parka berhasil meringkus M Jaelani (49), di rumahnya, Kelurahan Dawuhan Situbondo.

Pelaku pencurian di Situbondo diperiksa/Pelaku pencurian di Situbondo diperiksa/ Foto: Ghazali Dasuqi


"Kemarin pelaku pencurian barang berharga dalam mobil sudah berhasil diamankan. Sekarang dalam pemeriksaan Unit Pidana Umum Satreskrim," kata Kasubbag Humas Polres Situbondo, Iptu H Nanang Priyambodo, Rabu (1/11/2017).

Keterangan detikcom menyebutkan, aksi pencurian barang berharga dalam mobil itu terjadi pada Sabtu (28/10) lalu. Saat itu, ulah M Jaelani tergolong nekat. Dia melancarkan aksinya di siang bolong dan kondisi jalan raya cukup ramai. Jaelani yang datang dengan sepeda motor langsung mendekati Honda Mobilio, yang parkir di tepi jalan. Kebetulan saat itu pemilik mobil pergi belanja ke toko.

Dengan cepat, pelaku membuka pintu depan mobil dan membawa kabur tas berisi barang berharga. Pemilik mobil baru tahu mobilnya dibobol, tak lama setelah pelaku tancap gas kabur ke arah timur.

"Sepeda motor dan jaket warna merah kombinasi hitam, serta helm warna hitam yang digunakan pelaku saat beraksi juga kami amankan. Sekarang masih dikembangkan," papar Nanang.
(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed