detikNews
Sabtu 28 Oktober 2017, 10:29 WIB

Cara Pramuka Sambut Sumpah Pemuda, Kibarkan Merah Putih di Laut

Budi Sugiharto - detikNews
Cara Pramuka Sambut Sumpah Pemuda, Kibarkan Merah Putih di Laut Bendera merah putih berkibar di dasar laut Pantai Pasir Putih (Foto: Istimewa)
Situbondo - Pramuka memilih cara berbeda dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda. Bendera merah putih dikibarkan dari dasar laut.

Bendera merah putih dan bendera pramuka berkibar gagah perkasa di permukaan tengah laut pada Pukul 08.30 Wib, Sabtu (28/10/2017). Seorang anggota Saka Bahari Malang menumpang paramotor mengibarkan bendera pramuka di langit Pasir Putih.

50 orang penyelam terlibat dalam event 'Dive Sumpah Pemuda' yang digelar pramuka, Saka Bahari, serta Bahari Diving Indonesia Club Scout (Badic's) di Pantai Pasir Putih, Situbondo.

Sebagian penyelam mengenakan seragam pramuka dan bagian dalam kostum diving.

Anggota Saka Bahari dengan paramotor mengibarkan bendera pramuka di langit Pasir Putih.Anggota Saka Bahari dengan paramotor mengibarkan bendera pramuka di langit Pasir Putih. (Foto: Budi Sugiharto)
"Ini kegiatan pertama. Kami mengajak generasi sekarang untuk melakukan kegiatan yang positif untuk bangsa ini, jauhi narkoba," kata Ketua Bahari Diving Indonesia Club Scout (Badic's) Jatim G Jos Sudarso kepada wartawan.

Sebelum prosesi detik-detik pengibaran berlangsung, terlebih dahulu diawali upacara di dasar laut dan di pantai yang diikuti anggota Pramuka serta Lantamal V, Polres Situbondo, Polair, serta Dinas Pariwisata Situbondo.

Yang menarik, pengibaran merah putih yang melibatkan penyelam Saka Bahari, TNI AL, Polri serta sejumlah klub penyelam dari Surabaya, Malang, Banyuwangi, Probolinggo, Palembang dan sejumlah kota lainnya disiarkan langsung dan bisa disaksikan dari layar yang disediakan di lokasi upacara.

Saat bendera merah putih dibentangkan di dasar laut Pantai Pasir PutihSaat bendera merah putih dibentangkan di dasar laut Pantai Pasir Putih (Foto: Istimewa)
Namun karena lokasi di tepi pantai yang terik, hasil siaran langsung dari dasar laut itu kurang bisa disaksikan secara sempurna.

Namun rasa penasaran undangan terobati dengan bisa menyaksikan kemunculan bendera dari permukaan dari tenda yang hanya berjarak 250 meter.

Sebelum prosesi pengibaran bubar, pramuka memberikan secara simbolis kepada penyelam tertua Kak Soepari (72) dari Ponorogo dan 2 penyelam termuda masing-masing Sultan (14) mewakili Saka Bahari Surabaya serta M Awaludin Ilham (14) dari klub Primus.

Upacara juga digelar di daratan pantaiUpacara juga digelar di daratan pantai (Foto: Budi Sugiharto)

(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed