DetikNews
Rabu 25 Oktober 2017, 14:46 WIB

Duh! 50 Persen Warga Kota Pasuruan Masih BAB Sembarangan

Muhajir Arifin - detikNews
Duh! 50 Persen Warga Kota Pasuruan Masih BAB Sembarangan Foto: Muhajir Arifin
Pasuruan - Pemkot Pasuruan harus bekerja keras menjadikan wilayahnya sebagai kota sehat. Sebab, saat ini sebanyak 50 persen warga masih buang air besar (BAB) sembarangan.

"Kota Pasuruan baru 50 persen yang ODF (Open Defecation Free atau bebas buang air besar sembarangan). Makanya kita akan kejar yang 50 persen itu dengan berbagai cara, agar tahun 2020 seluruh Kota Pasuruan sudah ODF," kata Wali Kota Pasuruan, Setiyono, saat menghadiri Hari Temu Lapangan Jejaring Masyarakat Air Bersih dan Sanitasi (Jemaris) Pasuruan di Kelurahan Tapaan, Pasuruan, Selasa (25/10/2017).

Selain masih banyak warga yang masih BAB sembarangan baik di sungai, tambak dan pantai, juga masih banyak warga yang belum terlayani air bersih. Oleh karena itu, menurut Setiyono, tahun depan pihaknya akan memprioritaskan pembangunan sarana-prasarana pemenuhan air bersih dan sanitasi.

"Kita kan juga dapat jatah (kompensasi) dari Proyek SPAM Umbulan. Kementerian PU PERA tahun depan akan banyak membangun infrastruktur untuk memenuhi sanitasi dan air bersih. Pemkot sudah memetakan mana-mana titik yang akan dibangun, seperti di wilayah utara yang sering kesulitan air bersih akan dibangun tandon air," terangnya.

Selain infrastruktur, kata dia, penyadaran pada masyarakat akan harus jadi prioritas. Pihaknya akan mengoptimalkan jejaring masyarakat yang selama ini sudah konsen memperjuangkan air bersih dan sanitasi.

"Makanya kami akan libatkan kader-kader sanitasi dan air bersih dari Jemaris ini yang jumlahnya banyak. Kami juga akan bekerjasama dengan berbagai NGO, seperti USAID-IWINS yang juga sudah banyak membantu pemerintah dengan berbagai kegiatannya. Semuanya demi mewujudkan Kota Pasuruan sebagai kota yang sehat," tandasnya.

Setiyono mengungkapkan pihaknya tidak akan menutupi kondisi warganya yang masih jauh dari hidup sehat. Sebaliknya, ia meminta para pihak bahu-membahu membantunya untuk menyadarkan masyarakat.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed