DetikNews
Senin 23 Oktober 2017, 19:13 WIB

Ini Kisah Cinta Ayu, Wanita Jadi-jadian yang Menikahi Pria Jember

Yakub Mulyono - detikNews
Ini Kisah Cinta Ayu, Wanita Jadi-jadian yang Menikahi Pria Jember Foto: Yakub Mulyono
Jember - Ayu Puji Astutik, seorang pria yang mengaku wanita ini bertemu Fadholi setahun lalu. Dari pertemuan itu, akhirnya keduanya sepakat untuk menikah.

"Saat itu saya mau mencari kerja di kawasan STAIN (sekarang IAIN Jember). Saat itu hujan dan saya ketemu sama mas ini (Fadholi). Kemudian saya kenalan dan diantar sama mas sekaligus siap bantu carikan pekerjaan," kata Ayu, saat ditemui di rumahnya, Senin (23/10/2017).

Semenjak itu, keduanya sering bertemu dan akhirnya sepakat untuk pacaran. Ayu mengaku, bahwa selama pacaran itu, dia cukup sering berhubungan badan. Sampai akhirnya, keduanya sepakat untuk melangsungkan pernikahan.

"Karena saya gak punya alamat, akhirnya saya minta bantuan orang Ajung untuk buat surat-surat. Pokoknya saya bayar terima beres," kata Ayu. Namun, dia mengaku lupa besarnya biaya membuat surat-surat dan nama orang yang membantunya.

Acara pernikahan pun dilangsungkan pada bulan Juli 2017 lalu. Bahkan, pernikahan itu digelar dengan cukup meriah.

Selama tinggal bersama suaminya di Dusun Plalangan, Desa Glagahwero, Kecamatan Panti, Jember, warga sekitar mengaku bahwa Ayu adalah orang baik.

"Dia gak pernah punya masalah dengan warga sini, orangnya sangat baik," timpal Bu Er, tetangga Fadholi. Bahkan setiap ada tetangga punya hajat, Ayu selalu membantu. "Dia juga pintar masak. Makanya kita gak nyangka kalau dia itu laki-laki," sambung Bu Er.

Bu Er pun pernah sekali mencurigai gelagat Ayu. Kala itu, Bu Er menanyakan orang tua Fadholi kepada Ayu. "Kemudian saat dia menjawab, suaranya itu besar kayak laki-laki. Saya pun kaget. Tapi kemudian, dia kembali kesuara kayak perempuan," kata Bu Er.

Selain dikenal baik, Ayu juga cukup aktif mengikuti kegiatan ibu-ibu muslimat di desa setempat. "Pokoknya baik orangnya pak. Selain sering bantu, dia selalu hadir pas ada acara muslimatan. Tapi sudah sekitar 3 mingguan ini, dia gak pernah hadir. Ya mungkin gara-gara ramai isu (Ayu adalah laki-laki) itu," timpal warga yang lain.

Pernikahan Ayu dengan Fadholi, yang diduga sesama jenis ini terbongkar pada pertengahan September lalu. Saat itu pihak KUA Ajung mendapat laporan bahwa istri Fadholi adalah seorang laki-laki.

Pasangan itu pun memberikan surat pernyataan bahwa memang sempat memalsukan data Ayu agar bisa menikah. Berdasarkan surat pernyataan itulah, KUA Ajung melayangkan surat ke Pengadilan Agama Jember untuk membatalkan pernikahan keduanya.
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed