DetikNews
Senin 23 Oktober 2017, 13:34 WIB

Pipa Utama Bocor, Saluran PDAM di Dua Kecamatan Lamongan Mampet

Eko Sudjarwo - detikNews
Pipa Utama Bocor, Saluran PDAM di Dua Kecamatan Lamongan Mampet Foto: Eko Sudjarwo
Lamongan - Pelanggan air PDAM Lamongan di dua kecamatan selama 4 hari kesulitan air bersih. Dua kecamatan itu yakni Kecamatan Kota Lamongan dan Kecamatan Deket.

Ratusan pelanggan PDAM di dua kecamatan di Lamongan 4 hari ini kesulitan air bersih. Dua kecamatan itu yakni Kecamatan Kota Lamongan dan Kecamatan Deket.

Direktur PDAM Lamongan, Maksum mengatakan, macetnya pasokan air bersih dari PDAM ke 2 kecamatan karena saluran pipa utama di jalur poros Lamongan-Surabaya, bocor. Tepatnya di bawah rel KA sebelah timur Terminal Lamongan. Bocornya pipa itu sepanjang 100 meter dengan kedalaman hampir 4 meter.

"Karena bocor, maka pasokan air yang melalui pipa utama ini kemudian ditutup dan dialihkan ke saluran pipa lain. Penyebab matinya air PDAM ini adalah adanya kebocoran pipa utama yg berada di jalur poros pantura, tepat nya di bawah rel kereta api," kata Maksum kepada wartawan, Senin (23/10/2017).

Bocornya pipa di bawah rel membuat PDAM Lamongan kesulitan melakukan perbaikan. Dampak lain saluran pipa utama bocor, airnya meluber ke rumah warga dan terjadi kebocoran di Jalan Simpang Kusuma Bangsa. "Pipa dengan ukuran 250 dim yang bocor ini airnya pun meluber ke halaman rumah warga," terang Maksum.

Pihaknya berjanji akan segera memperbaiki pipa saluran air yang bocor. Perbaikan tersebut akan menggunakan alat berat, karena kondisi pipa yang dalam dan dibawah rel. "Insya Allah malam ini akan kami perbaiki dengan mendatangkan alat berat," jelasnya.

Salah seorang pelanggan PDAM di Jalan Jaksa Agung Suprapto Lamongan, Abdul Wakhid membenarkan 4 hari ini aliran PDAM di tempatnya mampet alias tidak keluar. Untuk pasokan air bersih, Wakhid mengaku terpaksa harus membeli dari pengecer dan melakukan penghematan. "Iya, sudah 4 hari ini pasokan air bersih dari PDAM tidak keluar," terangnya.
(fat/fat)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed