DetikNews
Sabtu 21 Oktober 2017, 11:15 WIB

Pilgub Jatim 2018

Diminta Mundur dari NU, Ini Jawaban Gus Ipul

Muhammad Aminudin - detikNews
Diminta Mundur dari NU, Ini Jawaban Gus Ipul Gus Ipul Hadiri Gebyar Senam Festival Anak Sholeh Sholeha/Foto: Muhammad Aminudin
Malang - Pengurus Wilayah Nadlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur meminta Gus Ipul nonaktif dan mundur dari kepengurusan organisasi NU. Lantas apa tanggapan Gus Ipul soal itu?

"Nonaktif kok mundur, soal itu saya akan pelajari dulu apa yang disampaikan KH Mutawakil (Ketua PWNU)," kata Gus Ipul ditanya detikcom disela menghadiri Gebyar Senam Festival Anak Sholeh Sholeha di Lapangan Rampal Jalan Urip Sumoharjo, Kota Malang, Sabtu (21/10/2017).

Hingga saat ini, Gus Ipul masih menjabat salah satu Ketua PBNU. Gus Ipul yang saat ini masih menjabat Wakil Gubernur Jatim ini, tengah memikirkan soal pernyataan Ketua PWNU tersebut.

"Nanti melihat ketentuannya saja. Prinsipnya, kita tidak masalah dengan statmen KH Mutawakil itu. Karena untuk mempertegas saja," tegas Cagub yang diusung PKB dan PDIP ini.

BACA JUGA: Gus Ipul dan Khofifah Diminta Nonaktif dan Mundur dari NU

Menurut dia, warga NU sudah terbiasa dengan perbedaan, karena sudah paham dan mengerti apa yang dilakukan. "Tidak ada masalah, warga NU sudah paham dan mengerti," jelas Gus Ipul.

Gus Ipul memang merupakan kader terbaik NU yang maju dalam Pilgub Jawa Timur 2018 nanti, pasangannya Abdullah Azwar Anas yang saat ini menjabat Bupati Banyuwangi, merupakan tokoh muda NU.

Dua tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah Indar Parawansa, dipastikan maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur.

Gus Ipul, saat ini menjadi salah satu Ketua PBNU, dan Khofifah sebagai Ketua Umum PP Muslimat. Keduanya diminta PWNU Katim nonaktif dan mundur dari kepengurusan di organisasi NU.

"Hanya kita harapkan, agar supaya baik Gus Ipul maupun Bu Khofifah mengikuti aturan AD/ART NU. Ketika Gus Ipul dan Bu Khofifah sudah resmi dicalonkan melalui KPU, lepaskanlah jabatannya," terang Ketua PWNU Jawa Timur KH Mutawakil Alallah kepada detikcom, Selasa (17/10/2017).
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed