DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 23:04 WIB

Cangkruk Bareng Konjen, Kapolda Jatim Beri Jaminan Keamanan

Rois Jajeli - detikNews
Cangkruk Bareng Konjen, Kapolda Jatim Beri Jaminan Keamanan Foto: Istimewa
Surabaya - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin punya cara untuk meyakinkan perwakilan negara-negara sahabat. Caranya dengan mengadakan cangkruk bareng.

Cangkruk bareng 4 Konsulat Jenderal (konjen) dan 12 Konsulat Kehormatan (konhor) negara sahabat di Kota Pahlawan digelar di halaman kediaman rumah dinas Kapolda Jatim di Jalan Bengawan, Surabaya, Kamis (19/10/2017) malam.

Empat konjen yang hadir yakni, Jhon Haberi dari Amerika Serikat, Mr Masaki Tani dan Mrs Miwako Tani dari Jepang, Mr Gu Jingqi dari China, serta Konjen Australia Mr Chris Barnes dan Mrs Jackie Barnes.

Sedangkan 12 Konsulat Kehormatan yakni Harjanto Tjokrosetio bersama istri dari Konhor Jerman, Han Jayanata dan istri dari Konhor Perancis, Eddy Surohadi dari Konhor Filipina.

Konhor Thailand Onny Asri Miryam, Linda Nielsen dari Konhor Denmark, Christeven Mergonoto dari Konhor Polandia, Djamal Ghozi Basmelah dan Azza Dina dari Konhor Maroko.

Harry Sunogo dari Konhor New Zealand, Darmawan Utomo dari Konhor Belarus, Christoper Tjokrosetio dari Konhor Swiss.

Sindunata Sambudhi dan Lisiani Wirjanto dari Konhor Slovakia, Hermawan Kartajaya dan Dian Mukti Wicaksono dari Konhor Republil Chezh.

Suasana santai dan 'nusantara' mewarnai acara cangkrukan. Para konjen dan konhor maupun kapolda mengenakan baju batik-warisan nusantara.

Para tamu dari konjen dan konhor juga disuguhi menu polo pendem di setiap meja tamu undangan.

Dihadapan tamu dari perwakilan negara sahabat, Kapolda menyampaikan informasi tentang situasi keamanan di Jawa Timur aman dan kondusif.

"Dengan situsiasi yang kondusif, tidak perlu takut di Jawa Timur walaupun ada agenda pemilu serentak di 2018, Jawa Timur aman," kata kapolda.

Orang nomor satu di jajaran Polda Jatim juga menyampaikan, agar para konjen dan konhor tidak perlu takut. Bahkan, jika perlu membawa investasi lagi ke Indonesia dan khususnya Jawa Timur.

"Para konjen dan konsulat kehormatan, jalan-jalan di wilayah Jawa Timur dijamin aman. Bila perlu, bawa investasi ke Indonesia. Jawa Timut jangan ditakuti lah," ujarnya.

Usai acara cangkrukan, kapolda menyampaikan bahwa, para konjen dan konhor sangat mengapresiasi acara tersebut.

"Senang, guyub, akrab. Tadi disampaikan (tanggapan dari para konjen dan konhor) daerah Jawa Timur berbeda dengan daerah lain. Masyarakatnya juga lebih familiar dan kekeluargaan," jelasnya.

Kapolda arek Suroboyo ini menambahkan, acara cangkruan akan digelar rutin dan mengajak berbagai elemen. Kapolda juga akan mengajak cangkrukan para mahasiswa di Jawa Timur.

"Kita ajak semua elemn untuk turut serta menjaga Jawa Timur tetap aman," tandasnya.
(bdh/bdh)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed