DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 22:11 WIB

Pastikan Keamanan, Polisi Datangi Rumah Pria Penyembah Matahari

M Rofiq - detikNews
Pastikan Keamanan, Polisi Datangi Rumah Pria Penyembah Matahari Polisi datangi rumah istri Misnadi (Foto: M Rofiq)
Probolinggo - Polisi mendatangi kampung yang pernah ditinggali Misnadi Abdullah yang dinilai telah menyembah matahari. Polisi ingin memastikan keamanan kampung tersebut.

Kapolres Probolinggo AKBP Fadly Samad mendatangi rumah mantan istri Misnadi, Yayuk, di Desa Krobungan, Krucil, Kabupaten Probolinggo.

"Masa matahari disembah. Kalau warga di sini (Krobungan) sudah tidak percaya sama Misnadi," ujar Kepala Desa Krobungan Maksum, Rabu (18/10/2017).

Maksum mengatakan bahwa Misnadi merupakan orang yang stres. Apa yang dilakukan Misnadi dengan menuhankan matahari adalah tidak logis dan di luar dugaan.

"Kami sempat mengumpulkan para tokoh, ada 30 tokoh agama yang kami kumpulkan pada waktu itu," kata Maksum.

Dikumpulkannya para tokoh itu, kata Maksum, untuk mencari solusi tentang ajaran Misnadi. "Kami khawatir bila warga nanti marah lalu akhirnya main hakim sendiri. Tapi semuanya tidak terjadi," jelasnya.

Kepada warga, Fadly meminta warga agar berpikir dingin dan tidak main hakim sendiri. Bila nantinya Misnadi yang saat ini masih DPO Polres Probolinggo datang ke desanya, agar segera diinformasikan kepada pihak kepolisian.

"Perlu diketahui kalau Misnadi ini sudah melakukan penganiayaan dan perampasan motor," ungkap Fadly.

Selain itu, kata Fadly, agar warga tetap kondusif dan tidak termakan informasi yang menyesatkan. "Warga di sini bisa langsung komunikasi dengan pak kades dan tokoh agama. Saya yakin warga di sini, sudah cerdas semuanya," pungkas Fadly.

Viral di Probolinggo sebuah akun facebook yang menganggap bahwa matahari adalah Tuhan. Akun facebook tersebut atas nama Misnadi Abdullah, warga Desa Krobungan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Di laman akun facebook-nya, Misnadi menulis status mengenai ajaran yang diyakininya benar. Ajaran itu mengangap bahwa matahari adalah wujud dari Tuhan dan sumber dari semuanya
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed