DetikNews
Rabu 18 Oktober 2017, 20:49 WIB

Saat Wapres JK Seruput Kopi Pasuruan: Enak dan Mantab

Muhajir Arifin - detikNews
Saat Wapres JK Seruput Kopi Pasuruan: Enak dan Mantab Saat JK mencicipi kopi Arabica Pasuruan (Foto: Istimewa)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka World Plantation Conferences and Exhibition (Pameran dan Konferensi Perkebunan Dunia) di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat. JK juga berkesempatan mendatangi stand-stand peserta dan mencicipi kopi dari sejumlah daerah.

Salah satu yang dikunjungi JK adalah stand Kapiten Pasuruan atau Kopi Asli Kabupaten Pasuruan. Ditemani Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan A Djalil dan Bupati Pasuruan HM Irsyad Yusuf, JK juga mencicipi kopi Pasuruan.

"Enak dan mantab, tidak kalah dengan Kopi Toraja atau Kopi Aceh. Bagus dan harus dikembangkan terus. Selamat Pak Bupati," ucap JK, sembari terus menyeruput kopi yang diberikan Bupati Irsyad, Rabu (18/10/2017).

Orang nomor dua di negeri ini tampak takjub dengan Kapiten Pasuruan yang memiliki cita rasa kopi yang sangat kuat.

Bupati Irsyad Yusuf bersama peserta konferensiBupati Irsyad Yusuf bersama peserta konferensi (Foto: Istimewa)
Kopi yang diseruput JK adalah kopi organik Arabica asal Lereng Gunung Arjuno. Kopi ini dikembangkan Kelompok Tani Sumber Makmur Abadi, Dusun Cowek, Desa Jatiarjo. Kopi ini satu-satunya asal Jatim yang bersaing dengan 15 kopi lain dari seluruh Indonesia yang akan diuji tim seleksi dalam konferensi tersebut.

Meskipun hanya sebentar, kunjungan JK sangat berarti untuk Pemerintah Kabupaten Pasuruan, khususnya Bupati Irsyad. Ia mengaku akan terus mengembangkan Kapiten Pasuruan menjadi brand hasil perkebunan di Kabupaten Pasuruan.

"Kan sudah ada 3 jenis Kapiten Pasuruan, yakni Joss Kopi, Kopi Ledug dan Arjuna Semar yang sudah dipatenkan," ungkapnya.

Bukan hanya JK yang tertarik dengan Kapiten Pasuruan, para peserta konferensi yang berasal dari 33 negara juga banyak yang tertarik mencicipi. Mereka juga memuji cita rasa kopi Pasuruan yang diminumnya.

"That's coffee what I need. I like the strong taste, and I know that this coffee from high mountain," ungkap Kazuo, salah satu peserta konferensi.
(iwd/iwd)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed