Resmi Ditutup, 10 Parpol Mendaftar ke KPU Kabupaten Blitar

Erliana Riady - detikNews
Selasa, 17 Okt 2017 10:24 WIB
Foto: Erliana Riady
Blitar - Pendaftaran peserta parpol Pemilu 2019 resmi ditutup. Hingga kini ada 10 parpol resmi mendaftar.

"Batas waktunya adalah 14 hari dari tanggal 3 sampai 16 Oktober sampai terakhir jam 24.00 WIB. Hingga batas waktu yang ditentukan ada 10 parpol yang sudah diperiksa kelengkapannya, dinyatakan lengkap, sehingga diberikan tanda terima," ujar Komisioner KPU Kabupaten Blitar Bidang Diivisi Hukum Lukman Hakim di kantornya KPU Jalan Raya Garum, Blitar, Selasa (17/10/2017).

Menurut Lukman, ke-10 partai politik yang berkasnya lengkap dan diterima KPU tersebut adalah Perindo, PDIP, Golkar, PAN, Demokrat, PKS, PKPI, Gerindra, PPP dan NasDem.

Lukman menambahkan, berkas yang diserahkan Parpol ke KPU berupa hardcopy atau fotokopi dari form F2 yang berisi nama, umur, Kartu Tanda Anggota (KTA), Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan alamat.

"Setelah menyerahkan berkas dan diterima oleh KPU, maka berkas ini akan dicocokan dengan SIPOL (sistem informasi partai politik) oleh operator sipol di KPU kabupaten/kota," jelasnya.

Berdasarkan aturan bahwa jumlah anggota minimal 1 per 1000 Daftar Anggota Kependudukan Kabupaten (DAK) lanjutnya, maka parpol yang mendaftar di KPU Kabupaten Blitar, harus menyerahkan daftar anggota minimal sebanyak 1.219 orang.

Sementara, jadwal untuk verifikasi dokumen administrasi akan dilaksanakan mulai 17 Oktober-15 November. "Kurang lebih 30 hari kami akan teliti dokumen keanggotaan. Data akan terintegrasi dengan KPU RI sehingga tidak akan ada data ganda. Semua data sesuai dengan Nomer Induk Kependudukan (NIK) dan alamatnya," pungkasnya. (fat/fat)